Sekelompok Pemuda Gruduk Kantor Desa Loyok Tuntut Transparansi Data



SUARASELAPARANG_Sejumlah Pemuda Yang Menamakan diri nya Persatuan Pemuda Dusun Loyok (P3DL) mendatangi kantor Desa Loyok Kecamatan Sikur Kabupaten Lombok Timur kamis (14/05) Untuk klarifikasi terkait daftar nama - nama penerima Bantuan yang di berikan kepada  Masyarakatnya. 

Pada saat dialog Ketua Aksi Marwin  menyampaikan kedatangan sejumlah pemuda ke kantor Desa  untuk klarifikasi data penerima bantuan yang sudah di Programkan oleh Pemerintah baik JPS Gemilang, BST.PKH/BPNT dan BLT.

"Saya mewakali temen - temen Pemuda khususnya yang ada di Dusun Loyok agar Pemerintah Desa Lebih Transparansi terkait Pendataan Penerima bantuan dan kami minta data Masyarakat penerima bantuan agar kami bisa kroscek sapa yang berhak dan sapa yang tidak berhak menerima bantuan ini" ungkap nya

Selanjutnya marwin menyampaikan terkait Penemuan di lapangan ada beberapa orang yang betul - betul membutuhkan tapi tidak dapat bantuan dan belum tersentuh, maka dari itu perlu pihak pemdes untuk melakukan kroscek ulang .

"Kami minta Pihak Desa Lebih transparansi terkait Data Penerima Bantuan karna sangat di sayangkan kalau ada penerima bantuan orang - orang yang tergolong masyarakat mampu" ucapnya

Marwin juga meminta kepada Pihak Desa untuk segera merubah data penerima jika Pihak Pemuda temukan ada orang yang nenerima bantuan tapi dia tergolong orang yang mampu. 

Selanjutnya Kepala Desa Loyok M.Rosidi.S.Sos.i memberikan Penjelasan Kepada para Pemuda yang hadir pada Saat itu pihak Desa hanya mengusulkan kepada pemerintah Daerah dan mencegah data yang dobel dan data yang di himpun bersumber dari kawil dan RT masing - masing, setelah selese baru di antar ke kabupaten.

"Kami sudah berusaha bekerja dengan maksimal untuk pendataan dan berupaya bersama temen - temen Pemdes dan semua sudah dijalankan sesuai Prosedur" Pungkas nya

M Rosidi S.sos.i menambahkan bahwa Pemdes sudah mengusulkan semua harus masuk dari sisa yang blum dapat sesuai dengan arahan Provinsi , Pak bupati, dan Sekda. Pada rapat hari senin kemarin bersama semua kepala desa Sekabupaten Lombok Timur.

" Malahan sampai - sampai kami minta kalau bisa di rubah aturan nya biar bergiliran yang dapat yang Rp.600.000 .tapi tidak boleh karna Terkait Aturan Mendagri dan Kemendes untuk di bagikan selama tiga Bulan bagi yang berhak mendapatkan jadi data yang sudah di Verifikasi oleh Pihak kabupaten Tidak Bisa di rubah" ucapnya

Selanjutnya Zulhilmi salah satu Pendamping Desa yang hadir pada hari itu menambahkan terkait bantuan yang di terima oleh Masyarakat perlu di adakan kroscek oleh Para pemuda jenis bantuan apa yang di terima . Karna sering terjadi adalah bantuan PKH .masih banyak Masyarakat di desa Lain dan Juga Di Kecamatan Sikur yang tidak layak tapi masih mendapatkannya.

"bantuan PKH ini data nya dari pusat mohon masyarakat khusus nya pemuda laporkan ke desa bila nanti temen - temen temukan Mayarakat yang sudah mampu masih mendapatkan PKH  nanti Desa yang akan laporkan ke Kabupaten" terangnya

Selanjutnya Zulhilmi menambahkan khusus untuk dana PKH untuk pendataannya bukan wewenang Pemerintah Desa itu datanya dari Pusat yang ada di Desa itu Cuma BLT jadi tugas kita bersama - sama khusus nya pemuda untuk memberi pemahaman kepada masyarakat.

Selanjutnya di tempat yang sama Sekdes Desa Loyok M.Isnaini Menyampikan kepada Suaraselaparang semua KK akan mendapatkan bantuan, untuk Desa Loyok tinggal 800 KK yang belum tercover makanya sampai hari ini Pihak Desa lagi mengusahakan dan telah mengusulkan sisa yang 800 tersebut.

"Setelah kami usulkan tinggal Desa Menunggu  berapa kuota yang di kasi sama pihak kabupaten dan hari ini kami dari Pihak Desa akan  mengantarkan Data itu ke Dinas PMD dan Dinsos jika ada perubahan nanti kita tambahkan dan setalah Pendataan selasai akan  segera kami tempel kan di Mading Kantor desa" terangnya

M Isnaini  berharap semua masyarakat tercover jangan sampai ada yang tidak dapat bantuan bagi yang belum dapat bantuan Pihak Desa  akan berusaha semaksimal mungkin supaya mereka mendapatkan nya ( arul/ss)


Previous Post Next Post

Adsense