Atasi Masalah Sampah Yang Menumpuk, Pemdes Kotaraja Akan Membuat OSAMTU



LOTIM. SUARASELAPARANG_ Pemerintah desa Kotaraja, Kecamatan Sikur Kabupaten Lombok Timur akan membuat terobosan baru dalam mengatasi masalah sampah. Terobosan dalam mengatasi masalah sampah, yaitu dengan akan membuat Olah Sampah Terpadu (OSAMTU). 

“Program pengolahan sampah ini akan kita mulai tahun ini” ucap Pjs. Kades Kotaraja Lalu Wildan, Sabtu (30/05/2020).

Tetapi sebelum program ini lakukan Pemdes Kotaraja terlebih dahulu akan membersihkan TPA Kotaraja yang sekarang sangat penuh dengan sampah. Terkait dengan hal ini pihak Pemdes dan camat Sikur menajalin kerja sama dengan Dinas LHK untuk mengangkut sampah yang ada di TPA desa Kotaraja. 

“Upaya ini kita lakukan untuk membersihkan sampah yang ada di TPA desa kotaraja yang terlalu over kapasitas” tuturnya.

Tahun ini Pemdes Kotaraja akan membuat program Olah Sampah Terpadu ( OSAMTU ) serta di dukung dengan Perdes tentang sampah, sehingga tidak hanya dengan mengandalkan dana desa. Di mana nanti masyrakat akan berkontribusi untuk biaya pengangkutan sampah dan honor petugas yang ada di TPA itu. 

“ya mungkin nanti masyarakat di minta sekitar lima ribu atau sepuluh ribu perbulan untuk penanganan sampah ini dan saya rasa ini tidak akan memberatkan masyarakat “imbuhnya.

Tetapi sebelum itu Perdes tentang sampah ini sebelumnya perlu di sosialisasikan ke masyarakat seperti apa peraturan Desa tentang sampah sehingga masyarakat mulai sadar tidak membuang sampah sembarangan.

Masalah sampah ini Pemdes tidak bisa bekerja sendiri, harus ada peran aktif dari masyarakat . Pendidikan dan kesadaran dalam penanganan sampah tentu sangat penting dalam masyarakat. Banyak masyarakat yang masih kurang kesadarannya dalam menjaga kebersihan lingkungan. Tentunya Pemdes perlu melakukan penyuluhan tentang pengelolaan sampah yang baik.
Lebih lanjut L. Wildan menceritakan program utama Pemdes bersama BPD dan tokoh masyarakat pada awal tahun 2020 ini sebenarnya penanganan sampah, sehingga desa kotaraja bisa menjadi desa yang bersih dan bisa di jadikan contoh oleh desa lain. Hanya saja programnya ini tertunda ke penanganan Covid-19.

“insyaAllah sekarang ini kita mulai untuk menuntaskan masalah sampah ini, terutama kita mulai dari pembersihan di TPA nya dulu” ungkapnya.

Terakhir L. Wildan berharap partisipasi dari masyarakat tentang sampah ini dan beliau optimis dengan program OSAMTU ini sampah se-desa Kotaraja bisa tuntas.

Terpisah, Camat Sikur L. Putra sangat mendukung dengan program yang akan di lakukan Pemdes Kotaraja. di samping itu L. Putra juga membenarkan Program OSAMTU yang di gagas oleh Prof. Sri Tedjo Wulan ini sangat bagus. Tetapi untuk melaksanakan program ini, tahap pertama yang di lakukan yaitu mengosongkan sampah yang ada di TPA Kotaraja karena sampah yang ada di TPA Kotaraja ini sangat numpuk. sehingga pihak Pemdes dan Camat Sikur bekerjasama dengan Dinas LHK untuk membersihkan sampah yang ada di TPA Kotaraja ini dulu.

“hari ini dua mobil kebersihan dari Dinas LHK mulai mengangkut sampah yang ada di TPA Kotaraja ini, sehingga ketika TPA ini sudah bersih baru kita bisa mulai melaksanakan program OSAMTU ini” Ungkap Camat Sikur.

Terakhir beliau menjelaskan akan terus berkordinasi dengan Pemdes Kotaraja untuk menuntaskan masalah sampah ini karena bagaimanapun sampah ini merupakan beban bersama yang harus di perhatikan dan di tangani. ( Erwin/SS )
Previous Post Next Post

Adsense