Idul Fitri Sebentar lagi Pemda Perketat Penjagaan di Perbatasan Jenggik | SUARASELAPARANG


Lotim,Suaraselaparang.com-Untuk mengantisipasi semakin merebaknya Virus Corona, Pemda kabupaten lombok timur membuat Posko Penjagaan di perbatasan hari ini Sabtu (16/05/20). Dinas kesehatan dan kepolisian melakukan simulasi di Posko Jenggik.  

Ahyan, S.K.M. selaku Kordinator Nakes di Posko Pencegahan menyampaikan Posko Pencegahan ini akan mulai beroperasi hari Senin 18/05/2020. Dimana  sesuai SOP dari dinas kesehatan prosedur yang akan di lakukan yaitu ketika penumpang datang turun dari mobil, lansung di semprot Disinfektan kemudian di cek suhu tubuh menggunakan Thermometer Gundan jika ada yang suhu badannya 38°C ke atas  dan ada gejala panas akan lansung  di periksa untuk Rapid Test, kemudian jika hasil Rapid Test nya reaktif akan langsung kita rujuk ke rusunawa di Labuhan Lombok,

“Intinya Pak bupati menginginkan tidak ada orang luar masuk ke lombok timur dalam kondisi reaktif” ungkapnya.

Kemudian untuk tenaga kesehatan, akan standby di sini selama 24 jam dengan menggunakan sistem Shift. Dimana 1 shift itu akan ada 10 nakes yang berjaga selama 12 jam. Untuk tenaga Nakes akan di ambil dari 7 Puskesmas yaitu Puskesmas Terara, Rarang, Montong Betok, Kotaraja, Lendang Nangka, Sikur dan Puskesmas Masbagik yang nantinya masing-masing Puskesmas akan menugaskan 10 orang Nakes.

“ Posko ini akan mulai beroperasi mulai senin. Shift pertama dimuali pukul 08:00 pagi sampai dengan pukul 20:00 malam, kemudian Shift kedua dari pukul 20:00 sampai dengan 08:00 pagi,terangnya.

Di tempat yang sama KTU Puskesmas Terara L. Ahmad Rafi’i, S.K.M. menyampaikan kesiapan puskesmas Terara dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dengan menyiapkan 10 orang Nakes yang akan bertugas di posko Jenggik.
 
“ mudah-mudahan dengan upaya ini, bisa mencegah meluasnya penyebaran Virus Corona dan juga mudah-mudahan Virus corona ini cepat berakhir sehingga keadaan ekonomi dan sosial masyarakat bisa kembali seperti dulunya,harapnya. 

Kemudian dari Kapolsek Terara Iptu Ngurah Wirawan mengatakan untuk pasukan  keamanan dan lalu lintas akan di jaga oleh Personil gabungan dari Dishub, Polisi, TNI, dan Satpol PP.

“Posko ini prinsipnya untuk memastikan setiap orang yang masuk ke wilayah Lotim dalam kondisi sehat dan untuk mengantisipasi adanya kasus positif baru di Lombok Timur” tutupnya, (erwin/ss)

0/Post a Comment/Comments

Previous Post Next Post

Adsense