Hasil Screening ASN Montong Gading Nihil



Suaraselaparang.com_ Menindak Lanjuti Instruksi Bupati Lombok Timur tentang Rapid Test berbasis ASN yang di gelar setelah selesai libur Idul Fitri di  semua kecamatan sukses di lakukan di kecamatan Montong Gading, Selasa (26/05/2020).

Kegiatan screening yang bertempat di depan kantor Camat Montong Gading ini di mulai dari pukul 07:30 – 11:00. Adapun ASN yang mengikuti Pengecekan suhu tubuh ini meliputi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Montong Gading, Dinas P3AKB, Dinas Pertanian, Pegawai Kecamatan dan Pegawai Puskesmas Montong Betok.

Camat Montong Gading Mursidi Yamin, SH. S.Pd. menyampaikan kegiatan screening merupakan acuan pertama yang akan menjadi sampel berbasis ASN, sehingga nantinya hasil screening ini akan menjadi pengetahuan lebih luas terhadap perkembangan Virus Corona khususnya di Kecamatan Montong Gading. Untuk memastikan keabsahan hasil screening, tidak tanggung-tanggung camat Montong Gading akan melakukan screening/pengecekan suhu tubuh ini sebanyak 2 kali yaitu hari Selasa dan Rabu.

“kita akan lakukan screening lagi besok pagi dengan objek yang sama, karena yang kita khawatirkan adanya perbedaan suhu tubuh, sehingga tidak cukup di lakukan satu kali” ungkapnya.

Dari proses screening pertama ini tidak ada ASN yang ada di kecamatan Montong Gading  yang suhu tubuhnya melebihi 37,6°C. Sehingga bisa di pastikan semua ASN di Montong Gading di nyatakan sehat atau tidak terpapar Virus Corona.
“Alhamdulillah kegiatan hari ini cukup memuaskan bagi kami karena hasil tes suhu tubuh ASN kami, semuanya masih normal, tidak ada yang melebihi 37,6°C” tuturnya.

Lebih lanjut Mursidi Yamin, yang merupakan mantan UPT DIKBUD Montong Gading ini Merasa lega dengan hasil pengecekan suhu tubuh ASN hari ini yang rata-rata suhu tubuhnya masih normal, sehingga tidak ada ASN yang akan di lakukan test lanjutan seperti Rapid Test.

Di tempat yang sama Kepala Puskesmas Montong Betok Raihun, ST. menambahkan di samping Rapid Test hari ini pihak Puskesmas juga bersama Camat, DANPOSRAMIL dan Kapolsek akan melakukan screening secara menyeluruh ke semua pedagang dan pembeli yang ada di pasar montong gading hari rabu (27/05/2020).
“kami akan terus berupaya seoptimal mungkin untuk memutus rantai penyebaran Covid-19 khususnya di Kecamatan Montong Gading, yang Alhamdulillah Masyarakat kami tidak ada yang terinveksi Virus Corona ini” ungkapnya.
Selanjutnya Raihun mengapresiasi kerja TIM Covid Kecamatan yang cukup solid. Yang selalu aktif melakukan pencegahan penularan Covid-19 dan juga memberikan APD kepada masyarakat berupa masker yang merupakan tameng utama untuk menjaga diri dari penyebaran Virus Corona.

Di samping itu Raihun juga menceritakan usaha-usaha yang sudah di lakukan guna mencegah penyebaran Virus Corona ini seperti :
1. melaksanakan himbauan terhadap masyarakat sebagai upaya pencegahan virus corona covid-19 seperti membiasakan pola hidup sehat dan bersih dengan cara mencuci tangan secara rutin menggunakan sabun di air mengalir, sebelum dan sesudah melakukan aktifitas
2. Senantiasa melakukan pola hidup yang sehat (PHBS) dengan cara menjaga kebersihan lingkungan, makan makanan yang bergizi, serta rajin berolahraga dan istirahat yang cukup, Perbanyak minum air putih setiap hari.
3. Kurangi kontak fisik dengan orang lain atau benda yang dapat menyebabkan penularan virus Corona serta menghentikan sementara kegiatan yang melibatkan banyak orang.

4. Diharapkan masyarakat Montong Gading tetap tenang dan tidak panik serta meningkatkan kewaspadaan di lingkungan masing-masing dan selalu mengikuti informasi atau himbauan resmi yang dikeluarkan pemerintah serta tidak mudah mempercayai berita atau informasi yang tidak benar (hoax) .

Terakhir Beliau menghimbau kepada Masyarakat apabila mengalami gejala seperti demam, batuk serta sesak nafas segera ke puskesmas atau ke rumah sakit yang terdekat, dan koordinasikan/laporkan pada petugas atau pemerintah setempat. (Erwin/SS)

Previous Post Next Post

Adsense