Peduli Covid19 : Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Lotim Laksanakan Bakti Sosial - SUARASELAPARANG



Lotim-Suaraselaparang-Sejak merebaknya penularan corona virus Covid-19 di wilayah Kabupaten Lombok Timur berbagai upaya pun telah dilakukan untuk mengatasi dan mencegah penularannya mulai dari pemerintah daerah dengan tim gugus tugasnya, LSM hingga para relawan telah melakukan kegiatan dan upaya nyata dalam mengatasi bencana non alam tersebut seperti yang juga telah dilakukan oleh Pramuka Peduli Kwarcab Lombok Timur.

Dalam rangka percepatan penanganan Covid-19 di seluruh wilayah Kabupaten Lombok Timur, gerakan pramuka Kwartir Lombok Timur telah melaksanakan kegiatan dengan mengusung tema "Bhakti Sosial Pramuka Peduli Kwarcab Lombok Timur Dalam Rangka Percepatan Penanganan Virus Corona (COVID-19) di Kabupaten Lombok Timur.

Ketua gerakan pramuka Kwarcab Lotim Drs. H. Gufranuddin, M.A menjelaskan bahwa pihaknya telah melaksanakan kegiatan Bhakti Sosial Pramuka Peduli Kwarcab Lombok Timur Dalam Rangka Percepatan Penanganan Virus Covid-19 pada bulan Maret dan April 2020 di 21 (Dua Puluh Satu) Kecamatan di Kabupaten Lombok Timur.

Lebih lanjut Gufran menjelaskan tujuan kegiatan yang dilakukannya adalah sebagai upaya mencegah penularan Virus Corona pada anggota Pramuka dan masyarakat Lombok Timur pada umumnya dan mengurangi beban masyarakat yang terdampak Virus Corona. Adapun sasaran nya adalah Anggota Pramuka Lombok Timur dan Masyarakat umum di Kabupaten Lombok Timur.

Gufran juga menguraikan beberapa personil yang diturunkan untuk mendukung kegiatan Bhakti Sosial Pramuka Peduli Kwarcab Lombok Timur Dalam Rangka Percepatan Penanganan Virus Corona (COVID 19) di Kabupaten Lombok Timur yang diantaranya adalah:Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Lombok Timur melibatkan sebanyak 220 orang anggota Pramuka. Personil yang terlibat adalah anggota Pramuka golongan Penegak, Pandega dan Pembina Pramuka. Adapun rincian personil sebagai berikut :
- Personil Kwarcab Lombok Timur : 10 Orang
- Personil Kwartir Ranting (Kecamatan) : 21 Kwarran x 10 Orang = 210 Orang
Jumlah 220 Orang.

Selanjutnya Gufran menjelaskan jenis dan sasaran kegiatan bakti sosial ini yaitu:
(a) Penyemprotan Disinfektan
Penyemprotan disinfektan dilaksanakan ditempat-tempat umum dan perumahan warga pada 21 Kecamatan di Kabupaten Lombok Timur.
(b) Sosialisasi dan edukasi pada masyarakat, bentuk kegiatan sosialisasi dan edukasi pada masyarakat antara lain :
-Pemasangan 25 unit spanduk protokol pencegahan Virus Corona
- Sosialisasi menggunakan mobil pengeras suara di jalan raya dan perkampungan penduduk
- Sosialisasi langsung ke rumah-rumah penduduk
(c) Pembagian masker gratis kepada pengguna jalan yang tidak mengunakan masker dan pembagian masker gratis kepada masyarakat di perkampungan penduduk.
(d) Pemasangan tempat cuci tangan yang meliputi : Penyediaan media cuci tangan pada tempat-tempat umum, media cuci tangan berupa ember, tandon dan penampung air lainnya disertai dengan sabun atau handsanitizer.

Adapun biaya pelaksanaan Kegiatan Pramuka Peduli Lombok Timur dalam rangka Percepatan Penanganan Covid 19 bersumber dari :
(1) Anggaran Kwarcab Lombok Timur
(2) Sumbangan Instansi Pemerintah
(3) Sumbangan anggota Pramuka
(4) Sumbangan dari pemerintah Desa/Kecamatan
(5) Sumbangan masyarakat
(6) Donasi online

Selanjutnya Gufran merincikan jumlah dan sumber biaya pelaksanaan Kegiatan Pramuka Peduli Lombok Timur dalam rangka Percepatan Penanganan Covid 19 sebagai berikut, Sumber dana dan jenis barang uang (Rp.) :
1-Kwarcab Lombok Timur 87.000.000,-
2-Dinas Pendidikan dan Kebudayaan lombok Timur 25 Set Spanduk
3-Dinas Pemuda dan Olahraga Lombok Timur 1.000 Lembar Masker
4-Sumbangan anggota pramuka, masyarakat, Pemerintah desa atau Kecamatan (Diterima dan disalurkan langsung oleh Pengurus Kwaran atau Pengurus Kecamatan Pramuka) 62.400.000, jumlah total 149.400.000, rincinya.(anas)

0/Post a Comment/Comments

Previous Post Next Post

Adsense