Ade Putra Kurniawan: Ternyata Menghafal Al-qur'an tidak sesulit yang dibayangkan


OPINI, SUARASELAPARANG_Siapa yang tidak mengenal Al-qur'an..?? Tentunya kita sebagai umat muslim pastinya tahu apa itu Al-qur'an, bahkan ummat non muslim sekalipun mengetahui bahaw al-Qur'an adalah kitab umat muslim.

Al-qur'an adalah kitab suci umat muslim yang diturunkan kepada nabi Muhammad SAW. Melalui perantara jibril, sebagai pnyempurna kitab-kitab Allah sebelum nya (Taurat, zabur, injil), yang di dalam nya terdapat akan ketetapan hukum, syari'at, fikih dan segala aturan dalam islam, bahkan Al-qur'an adalah sumber hukum tertinggi dalam agama islam dan membaca nya menjadi nilai ibadah yang tinggi dihadapan Allah.

Begitupun dengan menghafalnya... Apabila dihafalkan akan menjadi sebuah nilai ibadah yang sangat tinggi, bahkan posisi dan derajat bagi para penghafal nya akan di angkat oleh allah baik di dunia maupun diakhirat, serta mendapatkan penghormatan dari Rasulullah SAW tentunya dengan balsan Syurga yang tinggi juga dari Allah SWT.

Ternyata menghafal Al-qur'an tidak sesulit dan serimut yang di bayangkan, bahkan sebalik nya apabila di niatkan dengan niat yang ikhlas dan keinginan yang kuat ternyata sangat mudah dalam menghafalkan nya. Al-qur'an juga tidak hanya bisa dihafalkan oleh orang yang cerdas saja melainkan semua golongan bisa menghafalkan nya, baik dia normal ataupun memiliki keterbatasan dalam fisik. Ternyata tidak menjdai pengaruh dalam menghafalkan nya karena sejatinya al-quran masuk ke hati-hati orang yang bersih dan punya niat yang kuat untuk menghafalkan nya, hal ini bisa dilihat akan banyak diantara para penghafal al-qur'an yang memilki keterbatsan dlam melihat, mndengar, bersuara, namun bisa menylsiakan hafal al-qur'an 30 juz nya dengan baik.

Saya selaku Alumni ponpes tahfizul qur'an dhiu'ul fikri alhmdulillah hanya membutuhkan kurun waktu 2 bulan kurang dalam menyelesiakn hafalan 30 juz, tentu dengan catatan niat yang ikhlas lillhita'ala dan tekad yang kuat serta sesegera memulainya karena tidak akan bisa selesai dengan berangan-angan saja, bahkan saya sendiri menganggap bahwa Hafalan Al-qur'an adalah investasi terbaik yang saya miliki. Sebab terasa sekali akan fower dan pengaruh nya dalam hidup saya secara pribadi. 

Saya Yang sedang mengenyam pendikan di UIN MATARAM dengan Jurusan PEMIKIRAN POLITIK ISLAM bisa meraskan akan kualitas hati dengan gambaran ayat-ayat al-qur'an yang melebur menjadi satu membentuk kemudahan dalam menangkap setiap materi yang disampaikan dengan ketrkaitan nya pada ayat-ayat al-qur'an yang saya hafal, walapun menjadi Mahasiswa dengan bekal hafalan tadi alhmdulillah saya bisa mengajar tahfiz dan menjadi imam di salah satu masjid dimna sya tinggal saat ini (kos). Sebab Apabila investasi akhirat sudah kita kejar, maka dunia akan mengikuti.

Harapan saya kedepannya untuk para pemuda dan generasi selanjut nya, mari tingkatkan kecintaan kita terhadap Al-qur'an, mulialah untuk hafalkan jika niat kalian ingin menghfaklan nya, dan bagi yang sudah menghafalkan nya agar tetap mengulang dan memuroja'ah hafalan nya, karena pemuda yang keren adalah ketika kualitas dunia dan akhirat nya sama-sama bagus maka insyaAllah bangsa dan negara ini akan lebih maju dan damai.
Lebih baru Lebih lama

Adsense

Promo