DISPAR LOTIM USULKAN SEMBALUN MENJADI ZONA KPK



Selong. Suara Selaparang- Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Lombok Timur mengusulkan kawasan wisata Sembalun menjadi zona KPK atau Kawasan Pariwisata Khusus. dimana salah satu dampak Dari pola pengelolaannya adalah pemberlakuan tiket masuk ke kawasan wisata sembalun yang rencananya dimulai dari gerbang Sapit.

Tahap usulan Sembalun menjadi daerah KPK ( Kawasan Pariwisata Khusus ) sudah di serahkan ke kantor Bupati Lombok Timur pada tanggal 23 Mei 2020 sebab pembentukan Kawasan Wisata Khusus harus diawali dengan penerbitan regulasi dalam hal ini  Peraturan Bupati atau Peraturan Daerah.

Dengan diterbitkannya PERDA atau PERBUP tentang kawasan Wisata Khusus maka Dinas Pariwisata punya landasan hukum untuk menata Sembalun.


Kepala Dinas Pariwisata Lombok Timur, Dr.Mugni menyampaikan sudah menyerahkan usulannya ke Bupati.
“ Usulan saya sudah masuk tanggal 23 Mei 2020, saya mengignginkan Sembalun itu menjadi daerah KPK atau awasan Pariwisata Khusus, dan salah satu implikasi dari pengelolaan Sembalun itu adalah penerapan tiket masuk kawasan” ungkapnya.

Selanjutnya Dr.Mugni menjelaskan rencana ini merupakan strategi pengendalian pengunjung, supaya di jalur pusuk tidak terjadi kemacetan, maka perlu dilakukan pembatasan kendaraan masuk dengan memberikan jarak selama 10 menit untuk menghindari kemacetan dan mengurangi resiko kecelakaan di Pusuk.

Adapun Rencananya  di Sapit akan di  buatkan posko yang akan mengatur kendaraan memasuki Sembalun. Sehingga pengunjung harus antri untuk membeli tiket dan untuk menegakkan protokol kesehatan seperti mengecek penggunaan masker dan cek suhu tubuh.

“ tetapi semua ini kan masih tahap pengusulan, jika Bupati mengizinkan usulan ini, baru semua ini bisa terlaksana” tutupnya.

(SS-03)

0/Post a Comment/Comments

Lebih baru Lebih lama

Adsense

Promo