KKN Ditengah Pandemi Covid-19,Mahasiswa UNRAM Sosialisasi New Normal



Lotim,Suaraselaparang - Meskipun belum ada tanda-tanda kapan akan berakhirnya musibah bencana non alam yakni Covid-19, namun tak jadi penghalang bagi para mahasiswa Universitas Mataram (UNRAM) untuk melaksanakan program Kulyah Kerja Nyata (KKN). Namun begitu, para mahasiswa tersebut tetap aware dengan situasi saat ini, sehingga mengambil tema "KKN Kebencanaan Covid-19" yang kemudian di implementasikan dengan melaksanakan Program Kerja Sosialisasi Pencegahan Covid-19 dalam menghadapi New Normal di sebuah Lembaga Pendidikan Non Formal yaitu "Sekolah Tiga Menit" senin (15/06/2020). 

Mahasiswa Universitas Mataram yang tergabung dalam KKN Kebencanaan Covid-19 melakukan sosialisasi pencegahan covid-19 dalam menghadapi new normal. Sosialisasi ini ditujukan kepada anak-anak Sekolah Tiga Menit di Dusun Letok Desa Rumbuk Timur Kec. Sakra Kabupaten Lombok Timur. Tujuan dari kegiatan ini adalah, agar anak-anak dapat memahami pentingnya mencuci tangan dengan benar, serta bagaimana dampaknya jika tidak mencuci tangan dengan benar.

Pandemi Covid-19 menyebabkan KKN Kebencanaan kali ini dilaksanakan secara individu di desa masing- masing dengan tetap mematuhi SOP covid-19. Hal yang paling umum dilakukan di KKN Kebencanaan Covid-19 ini adalah, memberikan edukasi dan demontrasi seputar covid-19 kepada anak-anak.

Sebelumnya, kelompok KKN telah melakukan penyuluhan pencegahan Covid-19 dengan cara menempelkan poster informasi Covid-19 di sekitar Desa Rumbuk Timur. Kelompok KKN juga memberikan edukasi dan demonstrasi pencegahan covid-19 secara offline untuk kalangan anak-anak di Sekolah Tiga Menit.Tak hanya itu, edukasi dan demontrasi secara online juga mereka lakukan melalui media sosial.

Menurut Ketua Kelompok KKN Nurkholis Majdi, dipilihnya anak-anak dalam sosialisasi itu dikarenakan masih banyaknya anak - anak yang belum memahami cara pencegahan Covid-19

“Kami Sosialisasi New Normal kepada masyarakat. memberikan pemahaman untuk selalu menerapkan protokol kesehatan selama new normal, dan memberi pemahaman apa saja yang dilakukan masyarakat terkait kebijakan new normal," ujar Nurkholis.

Salah seorang mahasiswi KKN di Desa Rumbuk Timur Helina Frasasti mengatakan, program kerja yang telah terlaksana dalam menyikapi New Normal dengan memberikan Sosialisasi, gunanya untuk mengingatkan masyarakat agar tetap menjaga kesehatan dan mencegah atau memutus mata rantai penyebaran Virus Covid-19.

"Kegiatan yang kami lakukan ini sangat bermanfaat untuk masyarakat karena disni dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat terhadap new normal" kata Helina.

Sementara itu, Founder yang sekaligus sebagai Pimpinan Sekolah Tiga Menit,Marjan,S.pd mengungkapkan, kami sangat bersyukur sekali dengan adanya adik - adik Mahasiswa yang mau jadi relawan covid-19 dalam menyongsong Era New Normal. ini sangat bermanfaat untuk masyarakat.

"Kami melihat selama covid-19 ini banyak sekali anak-anak yang lupa pelajaran mereka di sekolah. banyak anak yang tidak memiliki gadget untuk belajar secara daring, sehingga dalam menghadapi Era New Normal ini kami mencoba berexperimen membuat Role Model Pendidikan New Normal, membentuk satu unit pengajaran yang beranggotakan Tim Kecil dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. dengan hadirnya Mahasiswa ini, kami sangat berharap sekali masyarakat terutama anak-anak terbuka hati nya untuk disiplin mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak guna menyambut Era New Normal. kita juga butuh donatur masker untuk dibagikan kepada anak-anak agar mereka bisa belajar dengan tenang" ungkapnya.(ss-01)
Lebih baru Lebih lama

Adsense

Promo