Ikuti ‘Lomba Inovasi New Normal’, PMPTSP Lombok Timur Lakukan Syuting di Sinar Bahagia dan Apollo



Lotim, Suaraselaparang - Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP) Lombok Timur hari ini melakukan syuting video ‘New Normal’ di dua lokasi yaitu di toko Sinar Bahagia (SB) dan toko Apollo, Pancor, Lombok Timur. Kegiatan ini dilakukan PMPTSP Lotim dalam rangka mengikuti ‘Lomba Inovasi New Normal’ kategori Ritel Modern yang diselenggarakan oleh Pemerintah Pusat.

Kadis PMPTSP Lotim, Muhsin, SKM. MM saat ditemui di ruang kerjanya pada Kamis (04/06/20) mengatakan bahwa ‘Lomba Inovasi New Normal’ merupakan program Pemerintah yang dimaksudkan untuk lebih menyemarakkan dan memasyarakatkan sosialisasi ‘New Normal’. 

Muhsin yang sebelumnya pernah menjabat sebagai Sekretaris Badan Pendapatan Daerah Lombok Timur itu juga menjelaskan, bahwa konsep ‘New Normal’ merupakan implementasi Pemerintah untuk mengedepankan aktivitas kehidupan masyarakat berjalan seperti biasa saat pandemi Covid-19 dengan wajib mematuhi protokol kesehatan yang telah dianjurkan. Seperti menjaga jarak (physical distancing) minimal satu setengah meter, mencuci tangan dengan sabun, menggunakan hand sanitizer, memakai masker, tidak berkerumun dan menyemprotkan disinfektan di tempat-tempat kerja.

Muhsin menambahkan, jika ada yang berprofesi sebagai seorang pelayan, maka ia harus melengkapi diri dengan alat pelindung diri (APD) seperti sarung tangan, helm penutup wajah, dan memasang sekat atau pembatas berupa plastik atau kaca saat berinteraksi dengan orang yang dilayani.

Lebih lanjut, Muhsin juga menyebutkan ‘Lomba Inovasi New Normal’ dibagi dalam tujuh (7) kategori antara lain; (1) Kategori Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTPSP) yang dilakukan oleh Dinas PMPTSP. (2) Kategori Ritel Modern yang mengambil lokasi di dua tempat yaitu toko Sinar Bahagia dan toko Apollo, Pancor. (3) Kategori Pariwisata untuk Perhotelan yang mengambil lokasi di Tete Batu. (4) Kategori Pariwisata untuk Restoran yang mengambil lokasi di Lesehan Rirana, Pancor. (5) Kategori Pasar Tradisional yang mengambil lokasi di Pasar Sakra. (6) Kategori Transportasi yang mengambil transportasi lokal seperti cidomo. (7) Kategori Daerah Wisata yang mengambil lokasi di wilayah pantai selatan Lombok. 

Dari ke-tujuh kategori yang dilombakan tersebut, Pemerintah telah menyiapkan anggaran sebesar 194 miliar. Oleh karena itu, Muhsin berharap agar program tersebut dapat dijalankan sepenuhnya dengan optimal.

“Khusus untuk Dinas PMPTSP Lombok Timur, ditetapkan untuk mengikuti dua kategori lomba, yakni kategori Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) dan Kategori Ritel Modern,” jelas Muhsin.

Terakhir Muhsin menerangkan, penerapan ‘New Normal’ di masing-masing daerah dilaksanakan secara bertahap dan disesuaikan dengan kondisi masing-masing wilayah, serta akan di uji coba di 14 provinsi yang dianggap kondisinya sudah memungkinkan,

"Kuncinya adalah kita harus tetap waspada dan tidak boleh lengah dengan Covid-19 ini, serta tetap disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan yang sudah dianjurkan oleh Pemerintah, semogap penerapan new normal ini makin cepat makin baik agar kita bisa secepatnya beradaptasi dengan tatanan baru," pungkasnya. (anas)
Previous Post Next Post

Adsense