Desa Tetebatu Selatan Siap Menjadi Kampung Inggris


Selong, suaraselaparang - Desa Tetebatu Selatan, Kecamatan Sikur,  Lombok Timur kini tengah mempersiapkan diri menjadi Kampung Inggris. Menurut Sekdes Tetebatu Selatan, Ahmad Fauzi, saat diwawancara suaraselaparang pada Kamis (30/07/20). Desa Tetebatu Selatan telah siap baik dari segi tutor maupun sarana dan prasarana. Sehingga didapuknya Desa Tetebatu Selatan menjadi Kampung Inggris hanya tinggal menunggu pelaksanaan grand launching.

Fauzi juga menjelaskan bahwa tenaga tutor yang dimiliki Desa Tetebatu Selatan telah menyelesaikan program Training of Trainers (TOT). Para tutor inilah yang nantinya akan mengajar di Kampung Inggris Desa Tetebatu Selatan. 

Fauzi juga menambahkan Desa Tetebatu Selatan merupakan salah satu desa wisata yang ada di Lombok Timur yang menjadi pintu masuk menuju desa wisata lainnya seperti Desa Kembang Kuning, Jeruk Manis, Tetebatu dan Pringgajurang Utara. Artinya, Desa Tetebatu Selatan merupakan pusat prekonomian desa wisata yang ada di Kecamatan Sikur bagian utara. Oleh karenanya di Desa Tetebatu Selatan banyak didirikan penginapan, restoran, dan geo wisata, yang menjadi destinasi wisatawan lokal maupun mancanegara. 

“Kedatangan tamu mancanegara kesini juga sangat membantu masyarakat kami, setidaknya mereka bisa berbahasa Inggris untuk praktik speaking dan listening. Oleh karenanya, walaupun masih kecil atau apapun profesinya, pedagang, BPD, marbot, perangkat desa, insya Allah untuk sekedar bahasa inggris sederhana mereka bisa,” terang Fauzi.

Kendati demikian, Pemdes Tetebatu Selatan tetap  melaksanakan pelatihan Bahasa Inggris bagi masyarakat Desa Tetebatu Selatan mulai dari anak-anak, remaja dan orang dewasa selama tiga minggu untuk menambah wawasan Bahasa Inggris masyarakat Desa Tetebatu Selatan.

Selanjutnya Fauzi menjelaskan dari aspek sarana dan prasarana pemdes, Desa Tetebatu Selatan telah melakukan pendataan terhadap rumah - rumah warga untuk dipersiapkan menjadi kost, camp, warung dan lain sebagainya yang di butuhakn oleh para pembelajar yang nantinya akan belajar di Desa Tetebatu Selatan. 

Terkait metode-metode pembelajaran, Desa Tetebatu Selatan akan mengadopsi metode pembelajaran yang ada di Kampung Inggris Pare, Jawa Timur. Seperti bagaimana cara mengajar dan bagaimana cara memanage kelas.

“Jadi kurang lebih nanti kami akan mengadopsi metode yang sama dengan Kampung Inggris Pare karena bagaimanapun juga Kampung Inggris Pare adalah salah satu sumber pendididkan Bahasa Inggris yang sangat luar biasa, dan sangat terkenal di Indonesia. Oleh karenanya, kami mencanangkan bagaimana Lombok Timur menjadi pusat pembelajaran Bahasa Ingris, setidaknya bagi wilayah Indonesia bagian tengah dan wilayah Indonesia bagian timur dengan Desa Tetebatu Selatan sebagai porosnya,” terang Fauzi.

Terakhir Fauzi menambahkan bahwa Masyarakat sudah menerima dan siap dengan wacana dijadikannya Desa Tetebatu Selatan menjadi kampung Inggris.

“Sekarang ini kita masih menunggu instruksi, supaya bagaimana kita bisa melaksanakan grand launching Kampung Inggris Desa Tetebatu Selatan, karena disana nanti kita akan memperkenalkan ke seluruh Indonesia dan dunia bahwa ada Kampung Inggris di Lombok Timur tepatnya di Desa Tetebatu Selatan,” tutup Fauzi.

( SS-03 )

0/Post a Comment/Comments

Previous Post Next Post

Adsense