Dilantik Sebagai Kepala BKPSDM,Salmun Rahman Siap Benahi Mental Para ASN


Selong,Suaraselaparang-Sebanyak 12 orang pejabat tinggi pratama dan 3 orang staff khusus bupati sudah dilantik pada hari rabu kemaren.Satu dari dua belas orang pejabat tinggi pratama yang dilantik langsung oleh Bupati Lotim itu adalah Drs.Salmun Rahman yang menduduki jabatan baru sebagai Kepala Badan Kepegawaian Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Lombok timur.

Salmun Rahman,adalah sosok pejabat yang sudah sangat familiar dikalangan para ASN,terutama dikalangan para birokrat.pasalnya,pria yang dikenal supel dan mudah bergaul dengan semua kalangan ini sebelumnya sudah malang melintang di beberapa OPD pada lingkup pemkab lombok timur.

Tercatat,sebelumnya ia pernah menjabat sebagai Kepala Bidang Disiplin pada BKPSDM tahun 2008 lalu.pada masa kepemimpinan bupati sebelumnya yakni pada era Ali BD ia dipercaya menduduki jabatan sebagai Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda).lalu ia juga pernah menduduki jabatan sebagai Kasat Satpol PP,dan Bangkespoldagri sebelum akhirnya dilantik sebagai kepala BKPSDM pada rabu kemarin.

Saat diwawancarai oleh Suara selaparang di kantor BKPSDM hari ini,kamis (23/7/20) Salmun Berujar,bahwa dirinya siap melakukan pembenahan terhadap para ASN yang ada pada lingkup pemkab lombok timur agar mereka (PNS) menyadari bahwa mereka adalah pelayan bagi masyarakat,bukan sebaleknya.

"Jelas pasti ada yang harus dibenahi,terkait dengan prilaku dari para ASN yang belum sadar akan dirinya sebagai pelayan,dia lupa bahwa dirinya itu pelayan yang punya tugas melayani bukan dilayani,sehingga itu perlu kita ingatkan kembali"ujarnya.

Ia menambahkan,bahwa mereka adalah seorang bawahan dari atasannya pada dinas masing-masing.Setelah itu atasan mereka berantai dari kepala OPD ke Sekda yang akhirnya pimpinan tertinggi bagi para ASN pada tingkat pemerintahan daerah adalah Bupati dan Wabup.Karnanya,selain bekerja membantu masyarakat sebagai jati dirinya sebagai ASN,seyogyanya mereka juga harus bekerja membantu bupati dan wakil bupati untuk mewujudkan visi-misi.

"Mereka bekerja itu penggunanya adalah bupati dan wakil bupati.karna itu mereka juga harus bekerja untuk membantu bupati dan wakil bupati untuk mewujudkan visi-misi,karna disini kepala daerah adalah sebagai pejabat pembina kepegawaiannya"imbuhnya.

Selanjutnya,Salmun membeberkan,bahwa dirinya juga siap menghilangkan jika ada praktek ataupun budaya-budaya yang tidak baik dalam tubuh ASN.ia mencontohkan,seperti yang banyak diungkap di media massa tentang kenaikan pangkat dengan syarat membayarkan sejumlah uang yang diakuinya tidak memiliki dasar hukum.

"Jika ada yang seperti itu,kita akan hilangkan.kita akan potong dan kita brangus,ini akan kita lakukan untuk menyelamatkan mereka"bebernya.

Lebih jauh Salmun menegaskan,Dirinya akan menegakkan aturan dengan memfungsikan Bidang Disiplin,termasuk bidang-bidang yang lainnya.sehingga jika ada yang terbukti melakukan praktek diluar ketentuan yang ada,akan dikenakan sangsi sesuai dengan aturan yang berlaku.

Terakhir,ia berpesan agar para ASN fokus dalam bekerja sesuai dengan bidang masing-masing,"Mereka itu bukan pejabat politik,tapi mereka adalah sebuah profesi yang harus dijalankan secara profesional.jika mereka seorang guru maka dia harus fokus untuk mencerdaskan anak muridnya,jika dia seorang pegawai rumah sakit maka dia harus fokus menyembuhkan masyarakat yang sedang sakit,jangan urus yang lain-lain,tutupnya mengakhiri.

(ss-01)
Previous Post Next Post

Adsense