Ikuti Protokol Covid-19, SKB CPNS Kota Mataram Akan Digelar September-Oktober Mendatang



Mataram, Suaraselaparang, Setelah lama Peserta CPNS galau, Akhirnya Pelaksanaan seleksi kompetensi bidang (SKB) CPNS Kota Mataram akan dimulai September – Oktober mendatang. Melihat pandemi virus corona (Covid-19) yang masih terjadi, proses seleksi disebut akan menerapkan protokol kesehatan yang telah direkomendasikan.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Mataram, Baiq Nelly Kusumawati, menerangkan sampai saat ini tercatat 619 orang peserta SKB di Mataram. Mengikuti arahan dari pemerintah pusat, pelaksanaan SKB diakuinya akan mengalami beberapa penyesuaian

Yang jelas menjadi panjang prosedur pelaksanaannya, karena harus mengikuti protokol covid itu. Misalnya kalau dulu (peserta) datang 30 menit sebelumnya, sekarang harus dua kali lipat, "ujarnya saat dikonfirmasi, Selasa (28/07)

Penyesuaian juga akan dilakukan untuk proses tanda tangan kehadiran peserta.  "Sekarang tidak ada tanda tangan manual. Barcode saja, " ujarnya. Selain itu, kapasitas ruang ujian juga akan dikurangi untuk memungkinkan penerapan pembatasan fisik.

Diterangkan, protokol lainnya yang harus dilewati peserta adalah pengecekan suhu tubuh. Di mana peserta dengan suhu di atas 37,3 derajat akan dipisahkan dari peserta lainnya. "Tetap boleh ikut, tapi disiapkan ruangan khusus maksimal 4 orang, "jelas Nelly.

Kebutuhan ruang khusus tersebut akan dikoordinasikan dengan pihak penyedia tempat pelaksanaan tes. Selain itu, seluruh petugas dan peserta juga diwajibkan menggunakan masker. Namun untuk memaksimalkan upaya pencegahan, pihaknya akan mengupayakan penggunaan face shield dan sarung tangan selama proses SKB berlangsung.

Berdasarkan informasi yang diterima pihaknya dari Badan Kepegawaian Negara (BKN), mengikuti surat Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor: B/611/M.SM.01.00/2020 rencana pelaksanaan SKB CPNS 2019 dimulai pada 1 September – 12 Okteber 2020 mendatang.

Untuk tahap verifikasi data dimulai 27 – 30 Juli 2020, kemudian pengumuman dan pendaftaran ulang SKB dimulai 1 – 7 Agustus 2020. Sedangkan untuk pencetakan kartu ujian dimulai 8 Agustus 2020, kemudian penjadwalan SKB dimulai pada 10 – 14 Agustus 2020.

Pengumuman jadwal pelaksanaan SKB sendiri akan dimulai pada 18 Agustus 2020. Setelah SKB dilaksanakan, pengolahan hasil SKD dan SKB dimulai 8 – 18 Oktober 2020. Sedangkan untuk rekon integrasi hasil SKD dan SKB dimulai 19 – 23 Oktober 2020.

Penyampaian hasil seleksi akan dilakukan pada 26 – 28 Oktober 2020, kemudian untuk pengumuman hasil seleksi pada 30 Oktober 2020. Setelah seluruh proses tersebut selesai, usul penetapan NIP akan dimulai pada 1 – 30 November 2020.

Diterangkan, untuk jadwal pasti masing-masing peserta masih menunggu penyusunan lebih lanjut. Mengingat jadwal yang dikeluarkan saat ini masih bersifat umum untuk seluruh rekrutmen CPNS 2019.

"Biasanya kementerian duluan, baru tergantung kesanggupan kita. Bisa minta mundur atau maju. Tergantung kesiapan masing-masing daerah, "tandas Nelly.


(SS-04)

0/Post a Comment/Comments

Previous Post Next Post

Adsense