Indah dan Mendunia, Sayang Tiga Gili Tak Kunjung Punya Puskesmas


Tanjung, Suaraselaparang, Siapa yang tidak kenal dengan Tiga Gili (Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air) yang dimiliki oleh Lombok, lebih tepatnya berada di kawasan Lombok Utara, yang boleh-boleh saja dibangga-banggakan. Karena mampu Mendatangkan banyak wisatawan mancanegara, kawasan tersebut juga memberi banyak pemasukan bagi daerah.

Sayangnya kawasan itu hingga kini belum memiliki puskesmas. Terbaru, proyek Puskesmas Gili Trawangan yang sudah direncanakan kembali ditunda.

Kepala Dinas Kesehatan KLU H. Lalu Bahrudin membantah adanya politisasi anggaran dibalik penundaan. Anggaran tersebut kata dia, dialihkan untuk penanganan Covid-19. Pergeseran ini pun dilakukan untuk menghindari anggaran menjadi Silpa.

Sebab yang namanya anggaran daerah, tidak semudah itu digeser untuk hal yang bukan rencana pembangunan daerah,” tegas dia, Minggu (26/07).

Artinya tidak ada celah untuk bermain sebab prosedurnya sudah jelas. Terlebih lagi, hal ini juga diawasi berbagai pihak. BPKP jelasnya, sudah pasti akan mengaudit penggunaan anggaran tersebut.

”Makanya saya tidak yakin, dan itu tidak mungkin terjadi dipolitisir anggarannya,” sambung dia.

Ia melanjutkan, pengembalian anggaran ke TAPD karena adanya kebijakan khusus. Yakni mereka tidak bisa memasukkan pekerja maupun kontraktor ke tiga gili pada masa pandemi.

”Itu alasan kita kenapa harus ditunda lagi,” tambahnya.

Mengingat urgensi pelayanan kesehatan di gili, anggarannya akan diusulkan kembali pada APBD-P. Sementara ini, pihaknya sedang mengkreasikan pelayanan kesehatan yang ada, yakni melalui pustu setempat.

”Makanya sekarang kita dengan teman-teman sedang melirik bagaiamana mengkreasikan fasilitas mulai dari bawah seperti pustu,” pungkas dia.

Sebelumnya, Ketua Gili Hotel Association (GHA) Lalu Kusnawan menyoroti kawasan dari sisi faskes yang belum siap. 

”Tiga gili ini pantas memiliki standar faskes yang memadai,” harapnya.

Ia melihat faskes yang ada di tiga gili masih jauh dari standar. Tak ada puskesmas di sana.

”Yang ada cuma puskesmas pembantu, itu pun  terbatas,” kata dia

(SS-04)
Previous Post Next Post

Adsense