Masih Menjadi Zona Merah Membara, Mataram Ngotot Usulkan New Normal


Foto Ilustrasi 

Mataram, suaraselaparang. Hingga saat ini, penambahan kasus Covid-19 terus bertambah. Total jumlah pasien Covid-19 NTB mencapai 1.361 orang, dengan perincian 883 orang sudah sembuh, 67 meninggal dunia, serta 311 orang masih positif dan dalam keadaan baik.

Meski demikian, pemerintah kabupaten/kota sudah mulai mengusulkan agar daerahnya diterapkan New Normal. Termasuk Pemkot Mataram pun mengusulkan penerapan tersebut. "Yang minta Mataram tetapi masih merah membara,” kata Sekda NTB H. Lalu Gita Ariadi. 

Usulan tersebut ditolak dan sudah dijawab. Penetapan daerah New Normal tetap berpatokan pada standar medis dengan 15 indikator, termasuk penurunan jumlah kasus baru dalam waktu dua minggu berturut-turut.

Selain Mataram, Kota Bima dan Dompu juga sudah mengusulkan ditetapkan sebagai New Normal. Hanya Kota Bima sebagai zona hijau yang sedang didampingi dan disiapkannya New Normal.

BACA JUGA:
Peran Penting Wayang Kulit dalam Penyebaran Islam di Lombok

Setelah mendapat rekomendasi sebagai daerah New Normal, tentunya daerah tersebut diminta tetap menjalankan protokol Covid-19. Semua ketentuan tatanan baru harus dipenuhi agar tetap bebas dari penularan Virus Corona.

Kota Mataram sendiri masih menempati kota dengan jumlah kasus Covid-19 tertinggi di NTB. Jumlahnya mencapai 597 kasus positif dengan rincian 341 pasien sembuh, 220 dirawat dan 36 orang pasien meninggal.

Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kota Mataram, dr. Rohadi, Sp.BS. juga mengatakan via Whatsapp kepada media suaraselaparang, Minggu (05/07), bahwa Kota Mataram belum layak dinamakan apalagi untuk menerapkan New Normal, mengingat jumlah pasien yang terpapar positif setiap harinya semakin bertambah. Artinya, perlu lagi kita bersama-sama menegaskan ke masyarakat akan penerapan protokol kesehatan Covid-19 yang baik sesuai prosedural. Sehingga Kota Mataram bisa sesegera mungkin untuk menuju kenornmalan,” imbuhnya. (SS-04)

0/Post a Comment/Comments

Lebih baru Lebih lama

Adsense

Promo