Menkopolhukam Kunjungi NTB,Sampaikan Dinamika Politik Tanah Air Terkini


Mataram, suaraselaparang, Menkopolhukam RI (Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Republik Indonesia) Prof. Dr. Moh. Mahfud Md S.H., S.U.,M.I.P., bersama dengan Mendagri RI (Menteri Dalam Negeri Rebublik Indonesia) Prof. Drs. H. Tito Karnavian, beserta rombongan melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) ke Provinsi NTB, Sampaikan Dinamika Politik Tanah Air Terkini didepan Forkompimda Provinsi NTB,Selasa (21/07) sekitar pukul 13.30 Wita Bertempat di Gedung Graha Bhakti Praja kompleks Kantor Gubernur NTB.

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian dalam penyampaiannya lebih cenderung menyinggung terkait Pilkada yang akan digelar dalam waktu dekat di NTB, mengingat Tanggal  9 Desember sudah cukup dekat dan pemungutan suara pada Pilkada mendatang digelar pada hari itu. 

"Ini merupakan amanat undang-undang nomor 1 tahun 2015 yang diubah menjadi undang-undang Nomor 10 tahun 2016 di situ Sebutkan secara tegas bahwa pemungutan suara serentak Gubernur wakil gubernur bupati wakil bupati Walikota wakil walikota dilaksanakan pada bulan September 2020 di amanatnya sangat jelas sehingga KPU kemudian membuat 15 tahapan  berjalan September tahap kelima selesai masuk tahap ke 6 kemudian dihentikan karena covid 19. "Jelasnya

Mantan Kapolri itu juga menjelaskan jika pihaknya bersama menteri keuangan menyampaikan kepada presiden bahwa dibutuhkan penambahan anggaran Pilkada serentak yaitu sebesar lima Triliun Rupiah dengan adanya penambahan TPS, tenaga relawan dan penyediaan sarana Alkes untuk penerapan Protokol Covid-19, Sehingga dalam pelaksanaan pilkada ini akan banyak angaran yang dikeluarkan yang dapat mengerakan ekonomi daerah. 

Sejauh ini juga, dari 7 daerah kabupaten dan kota di NTB yang akan menyelenggarakan pilkada sebagian besar sudah siap  100 %, sejauh ini yang masih belum siap yaitu KSB, kesiapannya masih 40%, yang sudah siap 100%  baik KPU, Bawaslu dan Apkam nya yaitu KLU dan Sumbawa. Untuk KLU dan Sumbawa sebagai reward akan diberikan mesin anjungan KTP dari kemendagri. " Apresiasinya

Lain halnya dalam arahannya Menkopolhukam Prof. Mahfud MD. Justru lebih fokus pada Covid-19, ia Menyampaikan bahwa, pemerintah baru mengeluarkan perpres 82 tahun 2020 tentang komite nasional penanganan covid 19 dengan ketua harian menteri BUMN, pemerintah mengeluarkan perpers tersebut agar penanganan covid 19 dengan pertumbuhan ekonomi bisa jalan selaras, covid 19 dengan pertumbuhan ekonomi bisa jalan seimbang.

Selanjutnya, ia juga menghimbau agar  Masyarakat tetap melakukan protokol kesehatan. Diantaranya dengan menggunakan  masker, cuci tangan dan jaga jarak, dan yang terpenting adalah menjaga imumitas tubuh dengan cara tidak stres dan mengkonsusmsi vitamin. Diharapkan juga supaya setiap ruangan ventiliasinya harus bagus, karena infromasi terbaru covid tidak hanya lewat droplet tapi juga dari udara.

"Semua ini harus kita kerjakan dengan suasana demokrasi, pilkada pada saat ini perlu disyukuri oleh para calon. Karena apabila kita mengingat pada masa lalu jaman orde baru pilkada yang menentukan adalah Abri, birokrasi dan golkar,  saat ini masyarakat mempunyai kebebasan akses dan memilih sesuai dengan keinginan, " Tandasnya

 Karena apabila berbicara jaman orde baru, jangan berharap menjadi pemimpin apabila tidak mendapatkan rekomendasi dari ABRI, Birokrasi dan Golkar. Demokraai saat ini yang perlu kita sykuri saat ini adalah semakin hilangnya sekat sekat antara partai yang mempunyai pemahaman maupun arah partai berlawanan.

Kendati demikian, kita harus sama-sama mengakui, jika Ada juga yang mengeluh dengan demokeasi saat ini, diantaranya dengan semakin banyaknya korupsi karena jaman orde baru tidak ada anggota DPR yang korupsi karena semua terpusat, tetapi demokrsi saat ini ada peluang bagi pejabat tingkat daerah melalukam korupsi. 

"Namun perlu diingat, yang menjadi fokus  kami dalam kungker ini adalah bagaimana memantau perkembangan Covid-19 di NTB dan sejauh Mana penanganannya, dan apa yang mesti kita lakukan lebih giat lagi kedepannya untuk menghadapi pandemi ini, " Tutupnya


(SS-04)
Previous Post Next Post

Adsense