Mentalitas Inlander Memperparah Infodemik


Jakarta, Suaraselaparang - Setelah geger Plandemic, muncul video yang dikeluarkan Breitbart, media ekstrim kanan di Amerika yang berafiliasi ke pendukung Donald Trump dan sering menyebarkan mis/disinformasi.

Video ini menampilkan beberapa dokter lengkap dengan jasnya, biar kelihatan dokter banget kali ya, dan menyampaikan beberapa klaim seperti penggunaan masker tidak penting, orang disuruh menyiapkan hydrochloroquin pencegahan, dan seterusnya.

Video ini oleh beberapa netizen di Indonesia, disebarkan di medsos dan WA, khususnya mereka yang selama ini terpapar dengan hoaks dan teori konspirasi di seputar COVID19, ya sama dengan Trump dan pendukungnya yang selama ini lebih condong dengan pendekatan anti sains dalam pernyataaan dan kebijakannya. 

Beberapa klaim dalam video itu dinyatakan sesat dan berbahaya oleh beberapa pakar kesehatan, dan kemudian video itu ditakedown oleh Facebook, Youtube dan Twitter, karena seperti halnya Plandemic, bisa mengarah kepada ajakan yang bisa mencelakakan orang lain.

Ketika ditelurusi lebih teliti, salah satu dokter yang paling kontroversial dalam video itu adalah Dr. Stella Immanuel yang sebelumnya dikenal sebagai orang yang sering menyebarkan teori konspirasi dan disinformasi. Selain dokter, ia juga pastor, dengan banyak rekaman video tersebar di Internet, dengan klaim yang unik, seperti vaksin itu dibuat dengan DNA alien, dan dibuat supaya orang tidak religius. Ia juga pernah menyebut kalau orang bisa sakit karena ketika mimpi bersetubuh dengan setan.

So ya, ketika ada orang asing berjas dokter, kemudian berbicara, bukan berarti apa yang disampaikannya benar. Jangan kita bermental inlander, karena justru ada banyak pakar kesehatan di kita yang jauh lebih waras ketimbang model dokter seperti Dr. Immanuel yang ada dalam video itu.


Release MAFINDO
Masyarakat Anti Fitnah Indonesia.

0/Post a Comment/Comments

Previous Post Next Post

Adsense