Monitoring Tim Kecamatan Montong Gading Ke Desa Pesanggrahan Terkait Kesiapan Lomba Kampung Sehat


Selong. Suaraselaparang_ Monitoring Tim Kecamatan Montong Gading dalam rangka lomba  kampung sehat dilakukan oleh Tim Kecamatan Montong Gading sekitar pukul 08.30 WITA bertempat di halaman kantor Desa Pesanggrahan, Kecamatan Montong Gading, Kabupaten Lombok Timur Pada rabu (23/7/2020).

Hadir dalam acara tersebut Tim penilaian kampung sehat tingkat kecamatan, Camat Montong Gading, Kapolsek Montong Gading, Kepala Puskesmas Montong Betok, Ketua BPD Pesanggrahan, Babinsa, Babhinkamtibmas, Kepala Dusun, Ketua RT, kader Posyandu dan ibu PKK. 

Kepala Desa Pesanggrahan H. Badrun dalam sambutannya mengucapkan selamat datang dan terimaksih kepada Tim Penilaian Kampung Sehat di desa Pesanggrahan. Kegiatan kampung sehat ini merupakan menyambut New Normal Life Nurut Tatanan Baru.

Ia menambahkan, ada beberapa hikmah dalam lomba kampung sehat ini, yaitu masyarakat akan menjadi terbiasa untuk menjaga kebersihan diri dan lingkungan. Disamping itu masyarakat dituntut agar melaksanakan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Membiasakan diri cuci tangan pakai sabun sebelum dan sesudah beraktivitas, menggunakan masker ketika keluar rumah, Sosial Distancing dan Pisycal Distancing.

“Persiapan kampung sehat ini merupakan hasil kebersamaan gotong royong masyarakat dalam mengikuti lomba kampung sehat,dan kami sudah siap untuk mengikuti lomba kampung sehat karena kami sudah sesuai prosedur termasuk tertib administrasi, “Jelasanya

Camat Montong Gading Mursidi Yamin, SH. S.Pd. selaku ketua Tim Lomba Kampung Sehat mengucapkan terimakasih kepada Kepala Desa dan masyarakat desa Pesanggrahan atas penyambutannya kepada Tim Penilaian tingkat kecamatan.

Ia menjelaskan kegiatan lomba Kampung Sehat merupakan gagasan dari forkopimda Provinsi NTB yang bekerjasama dengan pemerintah kabupaten Lombok Timur. Masyarakat di tuntut membiasakan perilaku Pola Hidup Bersih dan sehat setiap hari.

“Ada 4 indikator yang menjadi penilaian lomba Kampung Sehat. Yakni bidang kelembagaan, bidang kesehatan, bidang sosial ekonomi, dan bidang keamanan. Yang memegang peranan sangat tinggi dalam penilaian Lomba kampung Sehat ini adalah indikator kesehatan. Sehingga nantinya harapan saya setelah lomba Kampung Sehat ini tolong di pertahankan kebersihan lingkungan nya jangan sampai selesai lomba tidak peduli kebersihan lingkungan “tutur Mursidi.

Ia juga menambahkan konsep pertama ada 3 desa yang direkomendasikan sebagai perwakilan kecamatan Montong Gading untuk  lomba tingkat kabupaten, tetapi karena terbit lagi edaran baru bahwa semua desa harus ikut lomba Kampung Sehat sehingga semua desa yang ada  di kecamatan Montong Gading mengikuti Lomba Kampung Sehat.  Adapun desa tersebut yaitu  desa Kilang, Lendang Belo, Perian, Jenggik Utara, Pringgajurang, Pringgajurang Utara, Pesanggrahan dan Montong Betok.

“Selain konsep protokol kesehatan tentunya kita mengajak kepada masyarakat kita untuk menanamkan konsep protokol doa kepada tuhan yang maha kuasa, konsep protokol taubat, dan konsep protokol sedekah” Tutup Mursidi.

( SS-03 )
Previous Post Next Post

Adsense