Nakes Terpapar Covid-19 PKM Lendang Nangka di Tutup Sementara


Selong, suaraselaparang – Puskesmas Lendang Nangka, Kecamatan Masbagik , Lombok Timur terpaksa ditutup sementara akibat adanya dugaan tenaga kesehatan (nakes) yang terpapar Covid-19, pada  Senin (20/07/20) hingga Kamis (30/07/20).

Saat diwawancara via telepon, Kepala Puskesmas Lendang Nangka, Effendi. S.Si membenarkan bahwa ada salah satu tenaga kesehatan (nakes) Puskesmas Lendang Nangka diduga positif terpapar Covid-19. Kondisi terakhir, nakes yang bersangkutan sudah dibawa ke Rumah Sakit Labuan Haji untuk dikarantina dan mendapatkam perawatan sembari menunggu hasil tes Swab yang lebih akurat.

"Memang benar ada salah satu nakes kami yang diduga terpapar Covid-19 dan sudah dibawa ke Rumah Sakit Labuan Haji dan menunggu hasil tes Swab," ungkap Effendi.

Lebih lanjut, Effendi juga menyampaikan belum bisa memberikan informasi secara resmi, karena pihaknya masih menunggu hasil rilis dari kabupaten dan provinsi mengenai konfirmasi positif tidaknya nakes Puskesmas Lendang Nangka tersebut.

Saat ini, Effendi telah melakukan tindakan untuk menjaga dan mengendalikan penularan dan penyebaran Covid-19 di wilayah Puskesmas Lendang Nangka dan sekitarnya dengan menutup sementara pelayanan di Puskesmas Lendang Nangka. 

"Kami menerima informasinya, pada Jumat 17 Juli, sekitar pukul 09.00 WITA, melalui aplikasi chat WA dari pihak RSLT Labuan Haji bahwa nakes kami dikonfirmasi positif Covid-19," tutur Effendi.

Effendi pun menerangkan pihaknya telah melaksanakan tracing kontak dan melakukan tes rapid cepat terhadap semua nakes yang terindikasi melakukan kontak sesuai dgn protokol penanganan dan hasilnya ada bebrapa nakes lain yang reaktif.

"Hal itu sudah kami sampaikan ke dinas kesehatan langsung sebagai laporan, kemudian hari Sabtu, tracing kami lanjutkan dan ternyata ada tambahan nakes lain yang reaktif," ungkap Effendi.

Secara rinci, Effendi menjelaskan kronologi penanganan nakes terpapar Covid-19. Pada Sabtu, 18 Juli pihaknya telah melakukan pelaporan kembali ke dinas kesehatab dan menghubungi pihak RSUD Raden Soedjono Selong dan RSLT Labuhan Haji untuk kelanjutan penanganan nakes.

Kemudian pada Ahad, 19 Juli, Effendi melakukan koordinasi internal dan menyepakati beberapa hal sehingga sebagian pelayanan Puskesmas Lendang Nangka ditutup sementara. Pada Senin, 20 Juli, Dinas Kesehatan Lombok Timur melakukan tinjauan dengan mempertimbangkan berbagai hal, akhirnya memutuskan untuk menutup seluruh pelayanan Puskesmas Lendang Nangka  
selama 10 hari. Terhitung sejak tanggal 20 Juli sampai 30 juli 2020.

Untuk sementara, pelayanan kesehatan dialihkan ke Puskesmas Masbagik, Puskesmas Kotaraja dan Puskesmas Pringgesela.Effendi mengaku akan mengirim surat pemberitahuan ke semua desa di wilayah Puskesmas Lendang Nangka dan akan melaporkannya ke bupati, dinas kesehatam, camat, BPJS yang diselesaikan secara administratif.

Atas nama Puskesmas Lendang Nangka, Effendi pun memohon maaf atas ketidaknyamanan tersebut dan menghimbau masyarakat unttk tidak panik dan tetap melaksanakan kegiatan sesuai dengan protokol kesehatan yang ditetapkan.

0/Post a Comment/Comments

Previous Post Next Post

Adsense