Pemuda Pancasila Ajak Masyarakat Petik Hikmah Prayaan Idul Adha di Masa Pandemi


PRAYA-Suaraselaparang- Pemuda Pancasila (PP) Lombok Tengah mengajak masyarakat bisa mengutip hikmah dibalik Prayaan Hari Raya Idul Adha ditengah pandemi Covid-19.

Mengawali ajakannya,  M. Syamsul Qomar,  Ketua Pemuda Pancasilia mengulas makna kisah  pengorbanan Nabi Ibrahim AS yang diperintah menyembelih putranya untuk menunjukkan ketaqwaan kepada Allah SWT. 

Dia mengatakan,  Melaksanakan perintah Allah harus dengan keyakinan dan ketulusan,  sebagaimana yang dilakukan Nabi Ibrahim. 

Memaknai Qurban ini,  Lanjutnya,  tidak harus dengan hewan atau harta tapi menghabiskan energi, waktu berpikir untuk kepentingan bangsa dan sesama juga bagian dari hikmahnya. 

"Saat ini kami (PP) belum bisa menyumbangkan hewan atau harta untuk berkurban, namun dedikasi dan pemikiran kami selalu tercurah untuk daerah dan bangsa ini" ungkapnya,  Jum'at (31/7) melalui pernyataan tertulis. 

Dia berharap,  Hikmah ini tertanam dalam keseharian kita bukan hanya pada saat ied, melaikan harus diterapkan dalam keseharian sebagai mahluk sosial yang selalu siap berqurban dengan apa saja yang kita mampu. 

"Jangan takut miskin karena tidak ada orang miskin karena dia rajin memberi dan bersedekah"ujarnya. 

Lain sisi,  Qomar berharap momen Hari Raya Idul Adha tahun ini pemda Lombok Tengah juga harus rela berkorban merubah pola pemerintahan dengan fokus ke pemberdayaan Sumber Daya Manusia (SDM) dan pemberian modal untuk pedagang kecil. 

"Kurbankan lah program yang kurang menyentuh sektor riil, perbanyak pemberdayaan usaha kicil" tegasnya. 

Untuk pemuda sendiri,  Qomar berharap pemerintah melibatkan pemuda dalam segalan program agar kemandirian itu tumbuh untuk melawan pandemi yang merontokkan hampir semua segi kehidupan kita saat ini. 

"Ekonomi kacau, kesehatan hancur, sektor lain juga babak belur kita harus bangkit dengan keterpurukan ini jangan menyerah meski kita sadar wabah ini belum pasti kapan akan berakhir".(SS-5)

0/Post a Comment/Comments

Previous Post Next Post

Adsense