PKM Montong Betok Launching Herbal Drink


Selong. SUARASELAPARANG_ Kepala Puskesmas Montong Betok, bersama Kepala Desa Montong Betok, Camat Montong Gading dan Kapolsek Montong Gading melakukan kegiatan Launching Program "Welcome Drink Tanaman Herbal" di halaman Puskesmas Montong Betok, kecamatan Montong Gading Lombok Timur NTB, Jum'at 03/07/2020.

Kepala Puskesmas Montong Betok Raihun, ST. menerangkan kegiatan ini merupakan upaya untuk memperkenalkan kembali minuman herbal yang sangat bagus bagi kesehatan dan kebugaran tubuh / daya tahan tubuh. Minuman Herbal ini merupakan penerapan dari program yang namanya Pengobatan Tradisional (Battra).  

Diadakannya launching “Welcome Drink Minuman Herbal” ini bertujuan untuk memperkenalkan kembali kepada masyarakat tentang  Minuman Herbal yang sudah lama di tinggalkan masyarakat. Bahan-bahannya pun mudah di dapat, bahkan sering di tanam di pekarang rumah masyarakat. Sehingga nantinya masyarakat bisa mengurangi mengkonsumsi obat-obatan kimia. 

Lebih lanjut Raihun menerangkan bahan-bahan dari Minuman Herbal ini seperti Jahe ( 3 jari ), Sereh ( 2 batang ), Kayu Manis ( secukupnya ), Daun Jeruk Purut ( 2 lembar), Gula Merah ( secukupnya ) dan Air ( 1 gelas ).

Cara pembuatannya yaitu bakar jahe lalu bersihkan dari Baranya, cuci bersih bahan lainnya. Di geprek dan di masukkan semua bahan lalu di rebus sampai mendidih, diamkan hangat-hangat kuku.

"Minuman Herbal ini bagus sekali di minum hangat terutama pagi hari, setiap hari 1/2 - 1 gelas/hari" terangnya.

Kegiatan penyediaan minuman herbal ini akan tetap di siapkan di Puskesmas Montong Betok setiap hari jum’at. Di samping Minuman Herbal, Buah-buahan pun di sediakan untuk memupuk kebiasaan masyarakat supaya tetap makan buah dan sayur di rumah.

“melaui kegiatan ini, kami mengajak masyarakat melakukan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS), tentunya dengan melakukan aktifitas fisik minimal 30 menit setiap hari, makan buah dan sayur setiap hari dan periksa kesehatan secara rutin” tuturnya.

kegiatan ini  di rangkaikan dengan mensosialisasikan Program Zero Waste (Bebas Sampah) kepada pengunjung Puskesmas dan dalam waktu dekat pihak Puskesmas akan melakukan kegiatan sosialisasi Program Zero Waste ke sekolah-sekolah dan kantor-kantor yang ada di kecamatan Montong Gading.

Di samping menyediakan Minuman Herbal, air galon pun tetap di sediakan di depan gedung Puskesmas. Disamping itu sediakan juga gelas dan tempat gelas bersih dan kotor, supaya tidak terjadi penularan bakteri maupun Virus. Upaya ini di lakukan untuk meminimalisir penggunaan botol/gelas plastik  mineral plastik dengan menggunakan gelas sebagai tempat untuk minum, sehingga kedepannya penggunaan botol/gelas plastik bisa berkurang bahkan nol. Dengan tiadanya penggunaan plastik tentunya akan berdampak bagi kebersihan lingkungan. 

“kegiatan ini juga sekaligus sebagai sosialisasi program Zero Waste kepada masyarakat, dengan mengurangi penggunaan plastik maka secara tidak langsung masyarakat sudah mulai melaksanakan program Zero Waste.” Tutup Raihun.
( SS-03 )


0/Post a Comment/Comments

Previous Post Next Post

Adsense