Politik Dinamis, PKB Bisa Jadi Berpindah Hati Ke Bapaslon Selly-Manan


Mataram, Suaraselaparang, Politik itu sangat dinamis sedetik pun berpotensi berubah. Demikian juga Dukungan partai terhadap bakal calon yang tak menutup kemungkinan berpotensi berubah. Misalnya saja dukungan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Sedari awal, PKB diklaim bakal mendukung pasangan bakal calon wali kota dan wakil wali kota HL Makmur Said-Badruttamam Ahda. Namun siapa sangka belakangan, partai besutan Muhaimin Iskandar itu pindah haluan. Memberikan dukungan pada pasangan Hj Putu Selly Andayani-TGH Abdul Manan.

“Kalau untuk pasangan Makmur-Ahda itu sifatnya rekomendasi dari DPC PKB Kota Mataram meneruskan ke DPW. Karena yang mendaftar hanya Makmur-Ahda. Makanya kami teruskan ke DPP,” jelas Ketua DPW PKB NTB H Lalu Hadrian Irfani, kemarin (22/07).

Ia juga menyebut, jika Pada masa pendaftaran bakal calon pasangan wali kota dan wakil wali kota, hanya pasangan Makmur-Ahda yang mendaftarkan diri. Sehingga pasangan inilah yang direkomendasikan ke DPP. Namun bukan berarti dukungan dari PKB sudah pasti diberikan pada pasangan ini.

“Fisik SK dukungan Makmur-Ahda belum kami terima. Mudahan dalam pekan ini ada keputusan. Tapi apakah pertimbangan DPP nanti lain, itu belum kami ketahui,” akunya.

“Kalau memang mengharuskan memanggil Bu Selly, ya nanti kami akan panggil,” sambungnya.

Prinsipnya, jika mengikuti prosedur administrasi, dukungan akan diberikan ke pasangan Makmur-Ahda. Namun jika DPP PKB memiliki pertimbangan lain, itu belum bisa dipastikan.

Selanjutnya Hadrian juga memaparkan jika pertimbangan koalisi nasional antara PKB dengan PDIP memang bisa saja berpengaruh sampai ke daerah. Mengingat dua partai ini sama-sama mengusung calon presiden dan wakil presiden yang sama.

Sehingga, jika kemudian ada sinyal DPP PKB memberikan dukungan pada Selly, itu menurutnya bisa saja terjadi. “Tidak menutup kemungkinan jika DPP memghendaki (mengusung Selly-Manan). Kami di bawah tinggal melaksanakan perintah,” terangnya.

Sampai saat ini, SK B1KWK itu belum keluar. Apakah nanti SK itu akan diberikan ke pasangan Selly-Manan atau Makmur Ahda, kemungkinan hal itu diketahui dalam pekan ini. “Tetapi kami di DPC dan DPW PKB sudah merekomendasikan Makmur Ahda ke DPP,” jelasnya.

Terpisah, bakal Calon Wali Kota Mataram Hj Putu Selly Andayani juga mengaku sudah ada komunikasi dengan PKB. “Sudah ada komunikasi dengan PKB. Katanya mereka juga mau ketemu,” ucapnya

Padahal, sebelumnya bakal calon Wali Kota HL Makmur Said juga mengklaim jika PKB bakal memberikan dukungan padanya. Ia yakin Gerindra, PKB dan PKPI akan mengusung pasangan yang memiliki jargon MUDA itu.

Meski ada isu PKB pindah haluan, hingga kemarin (22/07), Makmur masih yakin PKB akan tetap mengusungnya dan Ahda. Terlebih informasi yang didapatkan dari Ketua DPC PKB Kota Mataram H Wardi, SK tersebut segara keluar untuknya.

“Dia (Ketua DPC PKB) yang kasih tahu kemarin, kalau hari ini Pak Hadrian datang bawa SK PKB,” yakin Makmur.

(SS-04)

0/Post a Comment/Comments

Previous Post Next Post

Adsense