Pulang Dari Mataram, Seorang Warga Desa Gelora Positif Covid-19


Selong, suaraselaparang - seorang warga berinisial LMLR yang berasal dari Desa Gelora, Kecamatan Sikur, Lombok Timur dinyatakan positif Corona. Hal ini sesuai dengan press release yang dikeluarkan oleh Ketua Pelaksana Harian Gugus Tugas Provinsi NTB, Minggu ( 26/7/2020).

Berdasarkan informasi yang diperoleh dari Sekretaris Desa Gelora, Rina Marlina, S.H.  menyebutkan pasien positif tersebut baru pulang dari Mataram. Awalnya pada hari Sabtu (18/7/2020) LMLR pulang dalam keadaan sakit. Kemudian pada hari Senin, ia melakukan pemeriksaan dan rapid test di Puskesmas Kotaraja dengan hasil reaktif. 

Rina menambahkan bahwa selama berada di rumah, pasien tersebut telah menjalani isolasi mandiri dan tidak pernah melakukan kontak dengan para tetangga.

“Pasien sebelumnya tinggal di Mataram, sudah beberapa minggu tidak pulang ke Lombok Timur, ketika pulang, sudah dalam keadaan sakit. Setelah dirapid test hasilnya reaktif. Kemarin diumukan hasil swabnya Positif terpapar covid-19," terang Rina. 

Hal senada juga diungkap Ketua Tim TGC Gugus Tugas Puskesmas Kotaraja dr. Eka Artha Muliadi saat di konfirmasi Senin (27/7/2020). Eka membenarkan hal tersebut dan pasien tersebut sudah diisolasi di RSUD Labuhan Haji. 

Eka juga menyampaikan bahwa pasien LMLR di bawa untuk berobat ke Puskesmas Kotaraja, dengan gejala-gejala hilang indra penciuman. Kemudian di lakukan  rapid test dengan hasil reaktif.

“Kami melakukan rapid test karena ada gejala yang mengarah ke ciri-ciri penderita positif Corona dan hasilnya reaktif,” tutur Eka.

Selanjutnya dilakukan tes Swab dan hasilnya Positif Covid-19. Setelah itu, Tim TGC Gugus Tugas Puskesmas Kotaraja melakukan contact tracking dan melakukan rapid test kepada 5 anggota keluarga pasien lainnya. Dari hasil rapid test kelima anggota tersebut, ada seorang keluarga pasien yang hasil rapid tesnya reaktif berinisial L. 

“Untuk sementara, L melakukan isolasi mandiri karena keterbatasan ruang di RSUD Labuhan Haji dan hari ini, Senin (27/7/2020)  kita sudah lakukan test swab terhadap L, mungkin untuk hasilnya bisa keluar 2/3 hari,” jelas Eka.

Terakhir Eka menghimbau kepada semua warga khususnya warga Desa Gelora agar tetap melaksanakan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Membiasakan diri cuci tangan pakai sabun sebelum dan sesudah beraktivitas, menggunakan masker ketika keluar rumah, melakukan social distancing dan physical distancing.

(SS-03 )

0/Post a Comment/Comments

Previous Post Next Post

Adsense