SMK Ilhami Aikmel, Cetak Siswa Berjiwa Wirausahawan


Selong, SUARASELAPARANG - Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Ilhami Aikmel, Lombok Timur kini viral dan menjadi sorotan. Pasalnya, program unggulan SMK ini ditengarai punya andil dalam membantu Pemerintah dalam memutus rantai pengangguran di Nusa Tenggara Barat, khususnya Di Lombok Timur.

Sekolah kumuh yang dulunya hanya memiliki 15 orang siswa, kini menadi ungguluan. Peserta didiknya dan alumninya pun meningkat signifikan menjadi ratusan orang siswa. Kini SMK Ilhami Aikmel tengah mem-brand-ing diri menjadi SPW (Sekolah Pencetak Wirausaha).

Perlu diketahui, dalam perjalanannya  yang menginjak 7 Tahun, SMK Ilhami Aikmel mempunyai misi untuk mencetak siswa yang dibekali attitude dan siap kerja dan menciptakan pekerjaan.

Wakil Kepala Kesiswaan (WAKASIS) SMK Ilhami Aikmel, Ayunah ketika di temui media suaraselaparang.com di ruang kerjanya, Sabtu (04/07/2020) menyampaikan, tujuan dari SMK Ilhami adalah untuk dapat mencetak generasi muda yang berpikir maju, dan tidak lupa kodrat sebagai siswa yang memiliki karakter yang kuat, mandiri, berakhlakul karimah dan berdaya saing menghadapi era milenial.

Lebih lanjut, Ayunah juga mengatakan bahwa program unggulan SMK Ilhami Aikmel di bidang wirausaha adalah usaha roti, Ayunah berharap nantinya para alumni dapat berperan sebagai penyuplai roti kepada masyarakat NTB yang kian hari permintaannya semakin meningkat. Sedangkan dalam bidang akademik, sekolah ini unggul di bidang bahasa inggris dan agama.

SMK Ilhami Aikmel juga merupakan salah satu sekolah yang melahirkan lulusan SMK terbanyak di Indonesia bagian timur, dalam program pemerintah yang disebut program Tes Viera dan TOEIC.

Kendati SMK Ilhami kaya prestasi, namun sekolah minim sarana, oleh karenanya Ayunah dan pihaknya berharap agar dapat diperhatikan dan diberi bantuan oleh Pemerintah Daerah, dalam bentuk sarana ruangan peraktik, dan ruang belajar sebagai penunjang keberlangsungan kegiatan belajar mengajar.

Dalam perkembangannya SMK Ilhami Aikmel mampu menciptakan usaha sendiri. Beberapa usaha yang sudah dirintis adalah Rumah Makan Ilhami Aikmel, Rumah Potong Hewan (RPH Ilhami), Bakery Shop, 15 cabang Roti Bakar di 11 Kecamatan, 2 Kabupaten yang di jalankan oleh Alumni SMK ILHAM, 1 Stand Pizza di kecamatan Aikmel, Lombok Timur.

Dino Sas Apriadi selaku Busines Development Manager di Ilhami Production mengklaim bahwa Mayoritas Alumni SMK Ilhami bekerja di bawah naungan Ilhami Production, dan sebagian Kerja di hotel, sisanya bekerja di Perusahaan Marketing Nasional.

 Lebih lanjut Dino mengatakan bahwa alumni diberikan kebebasan untuk membuat usaha sendiri atau bekerja di luar manajemen sekolah. "Jika bosan bekerja di luar, Ilhami Production Siap menjadi Tim Suport Untuk membangun Bisnis Mereka," tegas Dino.

Selain itu, SMK Ilhami siap merangkul dan membangun bisnis dengan program yang disebut “ILHAMI Hug the mileneal" untuk semua kalangan menuju jenjang bisnis yang besar dengan strategi afiliate marketing.

Hal senada juga disampaikan H. Anwar, Spd, MM selaku Kepala Sekolah SMK Ilhami menegaskan akan lebih memaksimalkan upaya program dalam mencetak wirausaha ini, yang bertujuan  memutus rantai pengangguran di NTB, beliau pun menyebut program teraebit dapat berjalan lancar dan akan lebih efektif kalau Pemerintah ikut serta mendukung program.

Beliau pun mengajak  semua kalangan di Nusa Tenggara Barat untuk memanfaatkan kesempatan dan program ini, dalam membangun bisnis halal bersetandar nasional di SMK Ilhami Aikmel. (SS-06)

0/Post a Comment/Comments

Previous Post Next Post

Adsense