Bikin Resah Warga,Satlantas Polres Lobar Bubarkan Balap Liar Cidomo


Giri Menang, Suaraselaparang, Tak hanya balap liar motor, Tim gabungan Polres Lombok Barat (Lobar) juga membubarkan aksi balap liar Cidomo di jalur bypass BIL II. ”Mereka Meresahkan masyarakat. Makanya anggota turun untuk melakukan penindakan,” kata Kasatlantas Polres Lobar Iptu I Made Sugiartha, Minggu (26/07) lalu.

Kepolisian awalnya mendapat laporan dari warga di sekitar lokasi. Yang menginformasikan ada kegiatan yang mengganggu arus lalu lintas. Berupa balap liar Cidomo di jalur bypass yang menuju wilayah Labuapi.

Akhirnya laporan tersebut ditindaklanjuti Polres Lobar. Mereka menurunkan tim, dari Satlantas Lobar; Polsek Labuapi; dan Satsabhara Polres Lobar.

Kedatangan petugas kepolisian, tak disangka peserta balap liar Cidomo dan warga yang menonton. Akhirnya mereka memilih mengambil langkah seribu. Kabur meninggalkan TKP. Kata Sugiartha, sebagian warga lari hingga ke tengah sawah.

"Bahkan kuda sama Cidomonya ada yang ditinggal. Dilepas gitu saja di tengah jalan,” tuturnya.

Ada yang kabur, ada juga yang tetap diam di lokasi. Mereka ini yang kemudian sempat diamankan petugas. Sejumlah warga, menolak kuda dan Cidomonya dibawa petugas. 

" Ada yang menolak. Tapi, kita tegaskan lagi kalau perbuatan mereka ini melanggar aturan. Jadi kita sita dan bawa ke kantor,” ucap Sugiartha.

Sugiartha mengatakan, aksi balap liar Cidomo tidak dibenarkan. Apalagi dilakukan di Bypass BIL II. Yang merupakan jalur cepat untuk kendaraan bermotor. Kegiatan tersebut tidak saja mengganggu pengguna jalan. Tapi, bisa menyebabkan kecelakaan lalu lintas.

”Ini kan membahayakan pengendara lain. Mereka juga bisa celaka,” tuturnya.

Ia berharap masyarakat tidak mengulangi aksi balap liar Cidomo di jalur Bypass. Petugas akan rutin melakukan patroli. Selain itu, masyarakat lain juga diharapkan bisa tetap proaktif. Melaporkan ke petugas apabila melihat hal serupa.

(SS-04)
Previous Post Next Post

Adsense