Warga Desa Pesanggrahan Gotong Royong Sambut Lomba Kampung Sehat 2020


Selong, suaraselaparang - Pemerintah Desa Pesanggrahan, Kecamatan Montong Gading, Lombok Timur menyatakan siap dan antusias dalam mengikuti Lomba Kampung Sehat 2020.

Desa Pesanggrahan dikenal sudah cukup berpengalaman dalam mengikuti berbagai lomba desa. Walaupun Desa Pesanggrahan terbilang desa yang masih baru yaitu desa yang SK definitifnya keluar 1 November 2010 lalu, namun Desa Pesanggrahan sudah pernah menjadi juara 1 lomba desa tingkat provinsi tahun 2013.

Bahkan prestasi terakhir yang diraih Desa Pesanggrahan adalah masuk 6 besar nasional pada Lomba Ketahanan Pangan tingkat nasional, yang masih hingga saat ini belum diumumkan.

Oleh karenanya, pada Lomba Kampung Sehat 2020 ini, segala persiapan sudah di lakukan oleh Pemdes Pesanggrahan mulai dari menjaga kebersihan kampung, menjaga keamanan dan menormalkan geliat ekonomi di tengah pandemi Covid-19.

Kekompakan dan kerjasama masyarakat Desa Pesanggrahan dalam menjaga keamanan dan kebersihan kampung sangat nyata terlihat, ini ditunjukkan pada kegiatan gotong royong kebersihan kampung sehingga tampak Desa Pesanggrahan yang semakin bersih dan indah.

Kepala Desa Pesanggrahan H. Badrun saat di wawancarai media suara selaparang Senin (20/7/2020), menjelaskan kesiapannya dalam mengikuti lomba Kampung Sehat 2020.

"Kami bersama seluruh masyarakat sudah berkomitmen siap dalam mengikuti event ini. Tetapi pada intinya, kami bukan berpacu untuk mengejar juara, tapi momen-momen itu di gunakan kesempatan untuk meningkatkan kesehatan, keamanan, kesejahteraan masyarakat saya,” ujar Badrun.

Salah satu upaya kesiapan di bidang kesehatan, Pemdes Pesanggrahan terus gencar melakukan sejumlah himbauan  kepada warga terkait dengan prilaku hidup bersih, seperti cuci tangan pakai sabun dan pakai masker. 

Di samping itu juga, Pemdes Pesanggrahan telah menyediakan tempat cuci tangan disejumlah titik.

Bidang kesehatan lainnya yang tak luput dari perhatian adalah terdapatnya 2 polindes, 55 kader kesehatan, rumah isolasi mandiri sebanyak 11 buah.

“Kita juga memberi himbauan dari baliho-baliho sosialisasi tentang jaga jarak, CTPS dan pakai masker,” imbuh Badrun.

Selanjutnya di bidang kelembagaan, Desa Pesanggrahan sudah mempunyai beberapa lembaga yang berpearan aktif seperti BPD, LKMD, PKK, BUMDES, Lembaga Kampung Iklim, Lembaga Karang Tarun dan BKD.

Sedangkan di bidang ekonomi dan pemberdayaan, Pemdes Pesanggrahan berupaya untuk menggerakkan bidang pertanian, peternakan sapi, ikan, dengan membentuk kelompok Lumbung Pangan, kelompok Wanita Tani (kopi dan budidaya anggrek), anyaman ketak, tata rias pengantin dan kelompok yang memproduksi jajanan yang sesuai standar.
 
“Alhamdulillah kami telah membimbing 22 remaja putri yang sudah kita berdayakan di bidang tata rias pengantin dan ada juga kelompok produksi jajanan. Terkait produksi jajanan kami sudah mempunyai alat pendeteksi makanan yang mengandung borak maupun prodamil, sehingga makanan yang di buat benar-benar sehat dan aman,” terangnya.

Lebih lanjut H. Badrun yang merupakan purnawirawan TNI ini menjelaskan di bidang keamanan, Pemdes Pesanggrahan telah menyiapkan 22 orang BKD yang sangat aktif dan juga sudah mempunyai 11 pos ronda di tiap-tiap titik yang dianggap strategis.

( SS-03 )
Previous Post Next Post

Adsense