Jadi BLUD, Puskesmas Tetap Diawasi Pemda


Selong, suaraselaparang - Wacana perubahan status beberapa Puskesmas di Lombok Timur dari Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) merupakan angin segar untuk fasilitas dan layanan kesehataan. Pasalnya Puskesmas nantinya akan lebih leluasa mengelelola keuangan sendiri.

Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Mawardi Halil, S. Kep saat ditemui di ruang kerjanya pada Kamis (13/07/20), menjelaskan bahwa perubahan status BLUD di Puskesmas bertujuan untuk mempermudah pengelolaan keuangan, tetapi dengan tetap adanya pengawasan dari Pemda yaitu Dinas Kesehatan.

"BLUD merupakan perubahan status Puskesmas yang sudah di canangkan sejak lama, nantinya Puskesmas bisa mengelola sendiri keuangannya," jelas Halil.

Mantan Kepala Puskesmas Terara ini juga menjelaskan lebih dalam, BLUD saat ini masih dalam tahap uji coba di beberapa Puskesmas yang sudah memenuhi kriteria. Efek BLUD pun dinilai belum terlihat maksimal, karena terkendala pandemi Covid -19, sehingga Puskesmas harus benar - benar bekerja ekstra untuk meningkatkan kualitas pelayanan. 

"Program BLUD ini bisa di bilang setengah negeri setengah swasta," ujar Halil.

Halil pun berharap semua Puskesmas di Lombok Timur dapat berstatus Puskesmas BLUD. Tentunya jika sudah menjadi BLUD, kualitas pelayanan Puskesmas akan lebih maksimal wajib karena mengikuti Standar Oprasional Prosedur (SOP) dari Kemenkes Pusat," tutup Halil.

SS-02

0/Post a Comment/Comments

Previous Post Next Post

Adsense