Kesadaran Masyarakat Masih Rendah, 3 Pilar Kamtibmas Kecamatan Sikur Terus Lakukan Razia Gabungan

Selong. Suaraselaparang. Camat Sikur L. Putra, S. Sos. M. AP bersama Kapolsek Sikur Iptu Ery Armunanto, S.H, Danramil 1615-09 Sikur Kapt Inf Keman, dan Kepala Puskesmas Kotaraja L. Yunus, S.km ikut turut serta turun ke jalan dalam rangka razia gabungan Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan dalam Pencegahan dan Pengendalian Covid-19, pada Rabu (26/08/2020).

Selain bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap bahaya virus Corona yang telah mewabah di seluruh dunia, khususnya di Kecamatan Sikur, kegiatan razia gabungan itu juga bertujuan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat mengenai protokol keselamatan berlalu lintas.

Kegiatan razia gabungan dilaksanakan di Jalan Raya Kotaraja -  Montong Gading dan dimulai sekitar pukul 09.00 WITA. Sebagai bentuk social engagment kepada warga, petugas menggunakan penutup kepala berupa Sapuk khas Sasak.

Saat berlangsung, petugas gabungan masih menemukan banyak warga pengguna jalan yang tidak menggunakan masker dan tidak menggunakan atribut keselamatan berkendara seperti helm.

Kapolsek Sikur, Iptu Ery Armunanto menyatakan warga yang terjaring razia gabungan tidak dikenakan denda, melainkan diberi sanksi peneguran secara humanis namun tegas seperti sanksi hukuman fisik berupa push up, melafalkan butir-butir Pancasila, menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Setelah itu, mereka diminta untuk putar arah atau melengkapi alat protokol kesehatan dan tidak diperkenankan melanjutkan perjalanan.

“Kesadaran masyarakat masih sangat rendah dalam penerapan protokol kesehatan Covid-19, salah satunya dari razia gabungan ini banyak kami temukan warga yang tidak menggunakan masker saat berkendara,” jelas Ery.

Saking banyaknya warga pengguna jalan yang terjaring razia, ia menilai himbauan-himbauan dari Pemerintah Daerah seolah dianggap angin lalu. Ia pun berkomitmen, 3 Pilar Kamtibmas Kecamatan Sikur yang terdiri dari unsur Kepolisian, TNI dan Pemda Lombok Timur akan terus melakukan razia gabungan dalam upaya meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai protokol kesehatan Covid-19.

Ery pun berharap, sanksi dan teguran secara humanis itu dapat membuat masyarakat menjadi lebih disiplin menggunakan masker ketika berkendara. Sehingga wabah pandemi Covid-19 dapat dikendalikan dengan lebih baik lagi.

( SS-03 )

0/Post a Comment/Comments

Previous Post Next Post

Adsense