Menjadi Hewan Yang Dilindungi, Pemerintah Terus Meningkatkan Kualitas Pelestarian Penyu

Tanjung, Suaraselaparang - Bukan menjadi faktor penghambat, Meski berada di situasi pandemi Covid-19, upaya pelestarian penyu, tetap menjadi perhatian pemerintah. "Bagaimana pun kondisinya, kami tidak akan lelah melakukannya, "kata Plh Kepala BKSDA NTB Lugi Hartanto kepada media beberapa waktu lalu.

Hal itu dibuktikan dengan pelepasan tukik (bayi penyu), jenis penyu lekang atau Lepydocelys olivaceae, sebanyak 125 ekor di Pantai Nipah, Kabupaten Lombok Utara.

Tak hanya itu, Kegiatan tersebut juga disertai dengan Deklarasi Peduli Konservasi Penyu oleh Dharma Wanita Persatuan (DWP) Dinas LHK NTB, BKSDA NTB, DWP Balai TNGR, Balai Penelitian dan Pengembangan Teknologi Hasil Hutan Bukan Kayu (BPTHHBK), dan Balai Pengelolaan Daerah Pengelolaan Daerah Aliran Sungai Dodokan Moyosari. 

"Kita sama-sama berkolaborasi dan berkoordinasi, punya visi dan misi yang sama terhadap pelestarian hewan ini, " Ujarnya.

Alasannya mengajak DWP Dinas LHK NTB, agar peran ibu sebagai guru pertama bagi keluarga, diharapkan bisa mengedukasi anak-anaknya, bahwa pentingnya melestarikan makhluk hidup. 

Selain pemerintah, Lugi juga menyampaikan apresiasi kepada masyarakat, yakni kelompok Turtle Conservation Community (TCC) Nipah, yang telah melakukan upaya pelestarian penyu, dengan menetaskan telur penyu semi alami. Bukan itu saja, mereka juga kerap menggelar kegiatan patrol pantai, bersih pantai. 

"Ini merupakan kegiatan yang sangat positif dan saya berharap, semangat ini tetap ada, " tandasnya.  

Kepala Desa Malaka H Akamaluddin Ikhwan menceritakan pengalamannya dalam melestarikan penyu. sebelum ada penetasan semi alami di Dusun Nipah, setiap tanggal 15 saat bulan purnama, 15-20 nelayan mengambil telur penyu di sepanjang Pantai Nipah.

"Alhamdulillah dengan keberadaan Kelompok Pelestari Penyu TCC Nipah aktivitas illegal tersebut tidak ada lagi, "tegasnya. 

Ketua DWP Dinas LHK NTB Poppy Pudjawati mengimbau kepada seluruh anggotanya, untuk turut mendukung upaya pelestarian penyu dengan tidak mengonsumsi, tidak membuang sampah sembarangan, mendukung pendidikan konservasi penyu sejak dini, serta mendukung ekowisata berbasis konservasi penyu.

"Kami juga berharap, dengan donasi yang kami berikan, sebagai adopsi penyu kepada kelompok TCC Nipah, menjadi pemicu semangat dan upaya pelestariannya, "tegas dia. 

(SS-04)

0/Post a Comment/Comments

Previous Post Next Post

Adsense