Secology : Ekosistem Seni dan Industri Kreatif Lombok Timur harus dikuatkan


Selong,Suaraselaparang,- Edisi perdana Talk Show Seni dan Industri kreatif Secology, yang digagas beberapa pegiat Seni Lombok Timur bekerjasama dengan Seco Cofee Store dan Suara Selaparang televisi digelar di halaman Seco Cofee Store kompleks PTC Selong Sabtu Malam 1 Agustus 2020.

Talk Show Secology di desain serupa forum diskusi non formal dengan suasana keakraban dan rileks ini bertujuan untuk mendorong ekosistem Seni dan Industri kreatif di Kabupaten Lombok Timur  kembali menggeliat dan bangkit ditengah pandemi Covid-19.

Pada edisi perdana, Secology yang mengangkat Tema : "Curhat Seni di era Pandemi " menghadirkan Masyhur Hadi atau yang lebih Akrab disapa Bang Unk Dia adalah Komikus muda Lombok Author Komik Webtoon berjudul "Hayati".Pria asal Desa Lendang Nangka ini menekuni Dunia Komik dan desain grafis sejak berada di bangku SMP, sempat lama berkarir di Jogjakarta dan Ibu kota Jakarta, dengan Brand Unk Art Corner Masyhur Hadi kini kembali ke kampung halaman dan tetap produktif membuat komik. 

" Saya ingin melahirkan generasi komikus Lombok berikutnya, mengajak anak-anak muda Lombok yang berminat menekuni dunia komik untuk mulai berproses dan melahirkan karya dan terus berkarya" Ujar Bang Unk. 

Tak hanya Komikus, Talk Show malam mingguan kali ini juga menghadirkan Perupa muda Lombok Alumni Institut Seni Indonesia ( ISI) Jogjakarta yang kerapkali menggelar pameran di berbagai daerah hingga Luar Negeri.Saparul Anwar atau yang akrab dipanggil "Phalonk". Seniman muda yang juga inisiator komunitas SENIne ini mengajak Anak-anak muda Lombok untuk lebih dekat mengenal Seni Rupa dan menjadikannya pesan bernilai tinggi terhadap fenomena dan dinamika sosial kekinian.dalam kesempatan itu Bang Phalonk mengenalkan Lukisannya yang mengangkat Tema " Child Abuse", sebuah lukisan bergenre Abstrak yang ingin menyampaikan pesan kepada semua pihak tentang betapa berbahayanya Bullying kepada Anak-anak. 

Talk Show yang dipandu Siti Laila Ismiratul Hilali,yang juga direktur Lembaga Penguatan Kapasitas Pemuda Laskar Bintang Lombok, sekaligus pemenang Juara pertama Pemuda Pelopor Kabupaten Lombok Timur Tahun 2020 ini disiarkan melalui Livestreaming di Fanspage Suara Selaparang Televisi dan rencananya akan tetap digelar setiap Sabtu Malam dengan tema-tema seni, sastra dan segmen Industri kreatif lainnya. 

Tak Hanya sebatas diskusi, Tim Kreator Secology juga tengah menyiapkan COACHING CLINIC bagi semua segmen seni, sastra dan Industri kreatif yang akan dipandu oleh para seniman dan Ahli dibidang masing-masing. Coaching Clinic ini menyasar kalangan millenial dan dibuka untuk umum. 

"Tujuan kita adalah membuka ruang baru bagi Industri kreatif di kabupaten lombok timur, sembari menggagas lahirnya ekosistem yang menghubungkan semua segmen Industri kreatif dan mendorong kolaborasi penguatan produktivitas sehingga semakin banyak Anak-anak muda berbakat lahir dari Lombok Timur"  Ujar Salman Hafiz, Pimpinan Redaksi SSTV yang juga salah satu inisiator Secology bersama Irawan Sakti dan Bagus Salim. 


Redaksi Suaraselaparang.com

0/Post a Comment/Comments

Previous Post Next Post

Adsense