SEKDA:Qurban Tak Hanya Sekedar Ketauhidan,Tapi Juga Berdimensi Sosial


Selong,Suaraselaparang-Sekretaris Daerah (Sekda) Lombok Timur HM.Juaini Taofik menghadiri acara penyembelihan hewan qurban untuk Kec.Sakra yang berlokasi di Dusun Pegondang Desa Suwangi Timur Kec.Sakra Kabupaten Lombok Timur pada sabtu (1/8/20).

Hewan qurban tersebut berasal dari Yayasan Nur Insan Singapura yang rutin diselenggarakan setiap tahunnya.pada tahun ini,penyalurannya diberikan dan dipercayakan untuk kecamatan Sakra yang berjumlah 200 ekor kambing dan 3 ekor sapi.

Dalam sambutannya,Sekda menyampaikan ucapan Terima kasih kepada yayasan Nur insan Singapura, atas kepercayaan penyaluran hewan qurban di Lombok Timur, khususnya Kecamatan Sakra."karena sekarang ini masih dalam suasana pandemi Covid-19 agar panitia memperhatikan Protokol Kesehatan cegah Covid-19 dalam kagiatan ini"Ucapnya.

Saat dimmintai tanggapannya oleh suara selaparang.com terkait dengan penyaluran hewan qurban tersebut dari yayasan Nur Insan Singapura untuk kec.sakra.Sekda mengatakan,kegiatan ini membuktikan bahwa islam adalah agama yang universal, karna tidak terbatas oleh tempat, ruang dan waktu. ketauhidan, telah mampu menyatukan ummat islam di seluruh penjuru dunia.

"Mungkin di sana (Singapura) masyarakatnya lebih mampu,sehingga kita bawa ke lombok, disini ada 200 ekor kambing dan 3 ekor sapi.di tempat lain juga ada, sehingga semuanya berjumlah empat ratusan ekor"ujarnya.

Ia menambahkan,bahwa qurban ini dimensinya bukan hanya sekedar ketauhidan saja, tapi juga berdimensi sosial hubungan antar sesama manusia.

"Informasinya,kambing-kambing ini dibeli pada masyarakat peternak lokal yang ada di sini, dan dibagikan juga kepada masyarakat miskin yang ada di sini.inilah konsep dalam segala keterbatasan perekonomian kita yang sedang menurun.maka pola-pola transaksi lokal ini yang harus kita dorong dengan memanfaatkan potensi setempat"imbuhnya.

Terakhir, Sekda yang juga masih menjabat sebagai Sekretaris Tim Gugus Tugas Penanganan dan Pencegahan Covid-19 Kabupaten Lombok Timur ini menghimbau, agar dalam proses pemotongan sampai dengan penyaluran nanti, petugas tidak mengabaikan protokol pencegahan covid-19.

"Saya selaku Sekretaris daerah yang sekaligus sebagai Sekretaris Gugus Tugas Kabupaten mengingatkan,agar dalam pelaksanaan pemotongan hewan qurban ini, petugas atau panitia pemotongan hewan qurban tetap memperhatikan protokol kesehatan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah"himbau sekda yang dikenal dekat dengan pers ini.

(ss-01)

0/Post a Comment/Comments

Previous Post Next Post

Adsense