Tak Mau Ada Kecurangan, Kadis DPMD Lombok Timur Monitoring Langsung Seleksi Penjaringan Perangkat Desa Pringgajurang Utara

Selong, suaraselaparang - Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Lombok Timur M. Hairi, M.Si turun langsung memonitoring seleksi penjaringan Perangkat Desa di Desa Pringgajurang Utara, Kecamatan Montong Gading, Lombok Timur, Senin (25/8/2020).

Hairi menyampaikan dirinya fokus dan siap berkomitmen untuk memantau seleksi penjaringan tersebut untuk menutup celah sekecil-kecilnya ruang kemungkinan adanya tindakan kecurangan dari para peserta atau panitia.

“Kami datang untuk mewanti-wanti dan mengingatkan panitia jangan lemah dan lengah, supaya tidak ada celah untuk orang bermain, sehingga kita harapkan yang lulus memang benar-benar lulus secara murni,” ucapnya.

Hairi juga menambahkan, sistem rekrutmen yang diaplikasikan oleh panitia seleksi penjaringan Perangkat Desa Pringgajurang Utara sudah sangat bagus sekali. Penguji seleksi penjaringan yang dihadirkan pun tidak main-main, mereka adalah orang yang dikenal ahli dan berkompeten di bidangnya masing-masing. 

Misalnya saja, salah seorang penguji seleksi penjaringan yang berasal dari kalangan akademisi yang merupakan dosen di UIN Mataram. Kemudian pengetahuan tentang adat budaya, para peserta seleksi diuji oleh seorang tokoh adat budaya Lombok Timur. Tak ketinggalan, Kapolsek dan Danramil Montong Gading tampil sebagai penguji dalam hal keamanan lingkungan masyarakat, sehingga proses seleksi Perangkat Desa Pringgajurang Utara tidak hanya terkesan sebagai sebuah formalitas saja.  

“Kami membutuhkan yang benar-benar mumpuni karakternya, yang pintar memimpin, yang menguasai materi, insya Allah itu yang akan jadi pemenangnya,” ucapnya.

Sebagai bentuk penerapan asas transparansi, Hairi menyebutkan jika soal untuk tes akademik didatangkan langsung dari kabupaten, dan soal itu didatangkan sesaat sebelum seleksi penjaringan dimulai.

“Soal tes baru didatangkan dari kabupaten, dan tidak boleh di inapkan sejam atau dua jam. Apalagi sampai sehari-dua hari di panitia, semua itu kita lakukan untuk menjaga transparansi dalam seleksi perangkat desa ini,” terangnya. 

Terakhir Hairi menekankan kepada panitia untuk mengumumkan langsung hasil dari seleksi penjaringan Perangkat Desa Pringgajurang Utara tersebut, sehingga tidak ada prasangka buruk atau hal-hal yang tidak diinginkan yang muncul nantinya dari peserta yang mengikuti seleksi penjaringan tersebut.

(SS-03)

0/Post a Comment/Comments

Previous Post Next Post

Adsense