Dukung Pertumbuhan Minat Baca, Komunitas Cangkir Inspirasi Gelar Lapak Buku Keliling.

 

Selong, suaraselaparang.com - Kepedulian terhadap peningkatan minat baca dan gemar Literasi menjadi perhatian khusus Komunitas Baca keliling Cangkir Inspirasi, sejak Tahun 2018 komunitas membaca yang digagas anak-anak muda ini terus Aktif menggelar Lapak Baca keliling di berbagai tempat. Kali ini redaksi suaraselaparang.com mampir ke pojok Lapak buku keliling mereka di spot wisata Ulem-ulem Desa Tetebatu kecamatan Sikur. Minggu, (20/10/2020).

Berbicara minat baca, berdasarkan  hasil survey UNESCO  pada Tahun 2011, yang menunjukan indeks membaca bangsa Indonesia masih sekitar 0,001 %. Itu artinya dalam setiap 1000 orang penduduk, hanya satu orang yang memiliki minat baca.

Sementara di Tahun 2016, Central Connecticut State University Most Literate Nations in the world sebagai salah satu lembaga  yang membuat ranking minat baca masyarakat dunia. Merilis kesimpulan hasil survey yang dilakukan dimana dari 61 negara yang di survey, Indonesia  berada di ranking ke 60.

Lebih tajam lagi, Kementerian koordinator bidang pembangunan manusia dan kebudayaan (Menko PMK), yang menyatakan bahwa rata-rata orang Indonesia hanya membaca buku sebanyak tiga hingga empat kali dalam seminggu, dengan menghabiskan waktu 30 sampai  60 menit per hari. Jumlah buku yang di bacapun hanya 5 hingga 9 buku pertahun. Tentu hal ini sangat memprihatinkan bagi perkembangan pertumbuhan minat baca di tanah air.

Kesadaran generasi millenial terhadap rendahnya minat baca tersebut membuat mereka menggagas aksi-aksi dan gerakan literasi dengan format kreatif, mereka membuat komunitas baca jalanan, menggelar diskusi-diskusi literasi, menggelar lapak buku sambil bermusik, membaca puisi dan kegiatan-kegiatan seru lainnya.

Salah satu gebrakan tersebut dilakukan oleh komunitas baca Cangkir Inspirasi Tetebatu Lombok Timur, komunitas yang sejak berdiri aktif menggelar Lapak buku keliling kampung, menggelar diskusi literasi kemudian di masa pandemi hadir untuk mengisi kekosongan aktivitas belajar dengan program bertajuk "Kawan Belajar" bersama siswa-siswi sekolah dasar di kampung-kampung, tentunya dengan menerapkan Protokol Kesehatan Covid-19.

Buku buku bacaan di Komunitas baca keliling inipun terdiri dari berbagai genre dan jenis mulai dari cerpen, novel, hingga literatur belajar. Mereka mengumpulkannya dari para donatur buku yang peduli dengan kegiatan peningkatan minat baca.

Kali ini, lapak buku digelar di spot wisata Ulem-ulem Desa Tetebatu, mengambil tempat di sisi jalan yang menghubungkan Dusun Orong gerisak ke Dusun Kembang Seri tepat di pinggir kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR).

Ali Sodikin, Ketua Komunitas Baca cangkir Inspirasi menuturkan bahwa pemilihan lokasi ini untuk menggelar lapak buku salah satunya karena Ulem-ulem mulai dijadikan spot wisata Selfie yang banyak dikunjungi kaum muda,walaupun Tahun ini air bendungan Ulem-ulem kering tak mengalir namun kesegaran udara pedesaan khas kaki rinjani dilengkapi dengan pemandangan yang hijau dan tembus puncak Rinjani masih bisa menjadi daya tarik bagi pengunjung yang datang sekedar ber Selfie, ngopi, dan berkumpul dengan kerabat.

"Membaca di alam bebas sensasinya sedikit berbeda, dan disini ada banyak tempat duduk, ada Hammock, dan spot selfie jadi sepertinya lebih seru" tutur Penulis novel Dallas ini.

Sementara itu, Winda Sukmani mahasiswa yang juga pengurus komunitas baca Cangkir Inspirasi menurutkan jika minat membaca buku bisa saja muncul tak sengaja ketika berwisata lalu melihat judul-judul buku menarik kemudian meminjam beberapa menit untuk sekedar berswafoto atau selfie akhirnya tak sengaja membaca dan suka.

"Minat baca bisa muncul dimana saja, termasuk di spot-spot wisata. Oleh karena itu kami menghadirkan buku dimana-mana untuk menarik minat dan itu menurut pantauan kami cukup berhasil, hari ini saja ada sekitar 100 pengunjung yang mampir ke lapak kami dan membaca". tutur Winda.

Kegiatan Lapak buku disebut anak-anak Cangkir Inspirasi digelar setiap sabtu dan minggu dengan format yang berbeda-beda.


SS-SH

0/Post a Comment/Comments

Previous Post Next Post

Adsense