Gema Selaparang Siap Turun Ke Lapangan, Ikut Andil Atasi Dampak Kekeringan.

Selong, suaraselaparang.com - Gerakan Masyarakat Selaparang (Gema Selaparang) kembali akan mengambil peran dalam menyikapi masalah daerah Kabupaten Lombok Timur yang dilanda kekeringan. 

Gagasan ini disampaikan pengurus serta anggota Gema Selaparang pada acara diskusi bertajuk menuju masyarakat Lotim Utara yang lebih sejahtera, di Lesehan Pandawa, Kecamatan Aikmel, Sabtu (19/9/2020).

Menurut catatannya, sebanyak 15 kecamatan dan 82 desa di Lombok Timur pada saat ini dilanda kekeringan. 

Koordinator bidang hukum dan advokasi Gema Selaparang, Samsul Hadi, sangat mengapresiasi langkah cepat yang diambil Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lombok Timur, terutama bidang kedaruratan dan Logistik.

"Kami bersama ketua umum Gema Selaparang dan segenap pengurus sudah membentuk tim khusus dalam mencari solusi yang dikoordinir oleh Mulyadi Hasan," terangnya.

Langkah ini diambil katanya dalam upaya membantu pemerintah Lombok Timur mengatasi kekeringan dan juga kebakaran lahan dan hutan (karhutla) yang belakangan ini sering terjadi terutama di Kecamatan Sambelia. 

Masalah karhutla ini sebelumnya pernah diberitakan media Speaker Kampung seperti yang terjadi di Desa Padak Guar dan baru ini terjadi lagi di Desa Dara Kunci, Kecamatan Sambelia.

"Insya Allah hari senin kita sudah mulai beraksi mengaplikasikan air bersih ke masyarakat yang terdampak," katanya.

Pendistribusian air bersih ini terlebih dahulu akan menyasar Lotim bagian Utara seperti Sembalun, Suela dan Sambelia. Rencana ini dilakukan dengan harapan bencana kekeringan yang melanda Kabupaten Lombok Timur, khususnya Lotim bagian utara bisa teratasi. 


SS-SH

0/Post a Comment/Comments

Lebih baru Lebih lama

Adsense

Promo