Sosialisasi Pelatihan Optimalisasi Pemanfaatan Lahan Pekarangan Kegiatan P2KP Dinas Ketahanan Pangan Lombok Timur.

Selong, suaraselaparang.com - Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Lombok Timur adakan sosialisasi Pelatihan Optimalisasi Pemanfaatan Lahan Pekarangan (P2KP) tahun 2020 di Green House Pringga Jurang Kecamatan Montong Gading, Kabupaten Lombok Timur, Senin (14/09/20).

Kegiatan sosialisasi tersebut diikuti oleh seluruh Anggota Kelompok KUBE (Kelompok Usaha Bersama), KWT (Kelompok Wanita Tani), GAPOKTAN (Gabungan Kelompok Tani) dari Desa Kotaraja dan Desa Pringga Jurang.

Menurut Kadis Ketahanan Pangan Kabupaten Lombok Timur, H. Masyhur, kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan sosialisasi, serta memberikan pemahaman tentang bagaimana memanfaatkan lahan pekarangan yang terbatas agar bisa menjadi alternatif dalam mengatasi kelangkaan bahan pangan terlebih semasa pandemi.

“Sosialisasi P2KP  ini tujuannya untuk memberikan sosialisasi pemahaman tentang bagaimana memanfaatkan lahan pekarangan yang terbatas agar menjadi lahan yang produktif sehingga bisa menjadi alternatif dalam menghadapi kelangkaan pangan terutama dimasa pandemi, sehingga masyarakat yang tergabung dalam kelompok binaan seperti GAPOKTAN, KUBE dan KWT mampu memberikan solusi kepada masyarakat sekitar agar tidak tergantung pada jenis bahan pangan Padi sebagai makanan pokok rutin,” ungkapnya.

Oleh karena itu, pihak Dinas Ketahanan Pangan Lombok Timur mengundang Pihak Pemerintah Desa terkait, Kelompok Binaan seperti GAPOKTAN, KUBE  dan KWT serta Masyarakat sekitar untuk turut serta dalam sosialisasi ini.

“Jadi kami mengundang pihak Pemerintah Desa, Kelompok Binaan Kami yang tergabung dalam GAPOKTAN, KUBE dan KWT” serta masyarakat sekitar agar pengembangan program ini tetap bersinergi kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Lombok Timur, H. Masyhur.

H. Masyhur juga mengungkapkan, Dalam program ini kami akan selalu melibatkan Pemerintah Desa dan Kelompok Binaan Kami seperti KUBE, GAPOKTAN dan KWT sehingga sinergi antara pemerintah dan masyarakat akan menciptakan sebuah pemahaman yang bisa mengubah pandangan masyarakat dalam menyikapi kelangkaan bahan pangan pokok dengan menjadikan bahan pangan lain sebagai pengganti.

“Hadirnya kami saat ini tentunya dengan harapan agar Kelompok Binaan kami bisa menerapkan bagaimana cara memanfaatkan lahan yang terbatas agar tidak tergantung pada lahan yang luas saja,” ungkapnya.

Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Lombok Timur melakukan kegiatan sosialisasi tersebut selama 3 hari, mulai dari hari Senin-Rabu. Dan yang menjadi prioritas utama adalah 5 desa yakni, Desa Pringga Jurang Kecamatan Montong Gading, Desa Kotaraja Kecamatan Sikur, Desa Speed Kecamatan Keruak, dan Desa Lendang Nangka Kecamatan Masbagik, Desa Menceh Kecamatan Sakra Timur karena kelima desa tersebut merupakan sasaran dari program lanjutan yang rutin dilakukan oleh Dinas Ketahanan Pangan. “Program ini merupakan program lanjutan dari kegiatan sebelumnya yang kami lakukan sehingga wilayah yang kami kunjungipun juga masih wilayah yang terkait dengan kelompok binaan yang tergabung dalam Green House. Kedepan tentu saja kami akan melakukan pengembangan ke seluruh wilayah yang ada di Lombok Timur ini, sekarang pandemi inilah yang membatasi ruang gerak kami. Dan setiap sosialisasi yang kami lakukanpun harus tetap sesuai dengan protokol kesehatan terutama menggunakan masker ,” ungkapnya.

SS-06

0/Post a Comment/Comments

Lebih baru Lebih lama

Adsense

Promo