Cerita Dari Eksotisme Pulau Maringkik.

Lombok Timur, Suara Selaparang - Indonesia memiliki banyak pulau dengan berbagai suku yang terhampar di setiap penjurunya. Tentu dengan ciri khas dan keunikan, serta daya tarik masing-masing. Salah satunya adalah Suku Bajo yang terdapat di Pulau Maringkik, Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Selain dengan suguhan panorama indah yang kerap kali disebut surga tersembunyi bagi Pulau Maringkik oleh wisatawan, baik wisatawan lokal maupun luar. Pulau ini juga memiliki ciri khas dan daya tarik tersendiri, yaitu hasil kerajinan tangan warga setempat berupa kain tenun.

Mayoritas perempuan di Pulau ini memilih bertenun setiap harinya. Hal itu disebutnya sebagai salah satu hobi.

Kain tenun dari Pulau Maringkik mempunyai motif berbeda-beda. Namun, tidak lepas dari ruang lingkup ciri khas Suku Bajo itu sendiri. Untuk pembuatannya warga setempat menggunakan alat, berupa Jangka, Pereba, Pemolong, Belida, Pemaluk, Papang, Kara' dan Passa (dalam bahasa Bajo). Selain itu, proses pembuatannya hingga bergantung pada ketekunan mengerjakannya. Harga yang diberikan untuk setiap kain tenun pula beragam, tergantung kualitas.

"Sayangnya, hidup selama 21 tahun di pulau sendiri Sampai hari ini belum juga mampu membuat saya bisa menenun," tutur Citra Maulida, salah seorang warga Pulau Maringkik.

Terlepas dari hasil kerajinan. Kabarnya, orang yang pertama kali mendiami pulau ini berasala dari Sulawesi Selatan. Oleh karena itulah Pulau Maringkik tak hanya ditinggali oleh Suku Bajo. Beberapa diantaranya berasal dari Suku Bugis yang datang dan kemudian menetap di pulau maringkik berawal dari aktivitas mencari ikan dan  keperluan untuk melakukan perjalanan dagang.

Mayoritas warga pulau maringkik bekerja sebagai nelayan yang menempatkan hasil laut sebagai mata pencaharian utama, namun seiring waktu  lambat laun budidaya  lobster juga  mulai digeluti oleh masyarakat pulau maringkik, warga desa maringkik berharap pengembangan komoditas unggulan ini bisa menembus pasar perikanan di berbagai daerah di Nusantara hingga ekspor ke luar negeri.

Berlayar Menuju pulau mungil maringkik anda akan menemukan banyak pulau pulau kecil (Gili) tetangga yang ada disekitar  maringkik diantaranya adalah Gili pasir, Gili  kambing (Gili Bembeq), Gili buaya, dan gili lainnya .

"Berkunjung ke maringkik ini resiko nya besar,berat untuk balik karena tempatnya unik dan panorama indahnya menarik" tutup citra Maulida mahasiswi yang juga pemuda yang lahir dan tumbuh besar di pulau mungil maringkik.


Red-SS

0/Post a Comment/Comments

Previous Post Next Post

Adsense