Krisis Air Bersih Masih Terjadi, KBI Turun Tangan Salurkan Air Bersih.

Selong, Suara Selaparang - Sudah memasuki musim penghujan namun dampak kekeringan berupa krisis air bersih masih terus terjadi di beberapa wilayah di Kabupaten Lombok Timur. Hal ini mengundang kepedulian Lembaga Sosial Kemanusiaan Kampung Bahagia Indonesia ( KBI ) ikut menjenguk masyarakat Selatan dan mendistribusikan air bersih, Kamis (1/10/2020).

Dikoordinir Direktur Pelaksana KBI Salman Hafiz dan aktivis Selatan Hasan Gauk, KBI yang sebelumnya fokus pada program intervensi pecegahan dan antisipasi persebaran Covid-19. Kini turun kembali ke lapangan memantau kondisi kawasan Lombok Timur bagian Selatan yang masih saja mengalami krisis air bersih. KBI juga menyalurkan 5 tangki air bersih ke beberapa titik lokasi salah satunya di Sengkelok Desa Seriwe.

Nuruddin, Ketua RT Sengkelok menuturkan bahwa hujan belum mulai turun di wilayah pesisir Selatan dan krisis air bersih masih terjadi sejak awal musim kemarau.

"Hujan belum turun disini dan kami masih mengalami kesulitan air bersih," tuturnya kepada suaraselaparang.com saat pendistribusian air bersih di perkampungannya yang dekat dengan tanah Tampah Bole dan pantai Kaliantan.

Sementara itu, Direktur Pelaksana KBI Salman Hafiz menyampaikan, bahwa kegiatan ini adalah program tentatif yang bersifat kondisional menyikapi dampak kekeringan dan krisis air bersih yang dialami masyarakat selatan.

"Kami ingin ikut berbuat dan merasakan dampak yang dialami keluarga dan saudara-saudara kita di kawasan Selatan. Walaupun dengan aksi seadanya melalui distribusi air bersih yang sudah tentu belum bisa menjadi solusi jangka panjang," tutur aktivis asal Tetebatu Selatan tersebut.

Lebih lanjut Salman menegaskan, bahwa jika ditangani serius oleh pihak yang berwenang krisis air bersih di wilayah Selatan seharusnya tidak boleh menjadi rutinitas tahunan yang lagi-lagi harus mengorbankan masyarakat.

"Kekeringan dan musim kemarau itu siklus alam. Tapi, krisis air bersih jangan menjadi rutinitas penderitaan tahunan. Ini persoalan yang harus ditangani oleh pemerintah," tambahnya.


SS-06

0/Post a Comment/Comments

Previous Post Next Post

Adsense