Tetap Eksis di Tengah Pandemi Covid-19, JEP Canangkan Program Unggulan Dalam Menjaga Kelestarian Hutan.

Lombok Timur, Suara Selaparang - Joben Ecopark (JEP) adalah destinasi wisata alam yang wajib dikunjungi akhir pekan. Di kawasan tersebut wisatawan bisa berwisata sekaligus menambah pengetahuan lebih jauh tentang pentingnya menjaga kelestarian alam. Joben Eco Park berlokasi di wilayah Resort Joben, SPW II, Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (BTNGR), Desa Pesanggrahan, Kecamatan Montong Gading, Kabupaten Lombok Timur.

Joben Eco Park ini adalah salah satu program dari Kelompok Masyarakat Peduli Hutan (KMPH) yang sudah berdiri sejak 2010 lalu. Sebelumnya KMPH ini fokus pada program konservasi, namun saat ini KMPH ini  mulai mengemas program bagaimana masyarakat atau pengunjung tertarik untuk berwisata juga ikut andil dalam kegiatan konservasi, sehingga lahirlah Joben Eco Park ini sejak 2019 kemarin.

Koordinator JEP Yusma Rita Kurnia menjelaskan banyak hal terkait program yang dikembangkan di kawasan JEP.

"Yang pertama jadi kami di joben punya program namanya program my tree. My tree ini memang kami gagas secara khusus supaya pengunjung yang berwisata ke sini memiliki peran atau ikut andil untuk melestarikan hutan. Jadi my tree adalah menanam satu pohon yang menyimbolkan bahwa diri kita ini peduli untuk melakukan konservasi dan melestarikan hutan, " Jelasnya kepada suaraselaparang.com, Minggu, (18/10/2020) Kemarin.

Adapun lokasi penanaman yang dilakukan dalam pengaplikasian my tree ini misalnya di pinggir pinggir kali. Itu merupakan salah satu cara untuk menghindari terjadinya erosi, selain itu untuk menambah koleksi tanaman yang sebelumnya juga pernah ditanami di area kali itu tadi.

Selain program my tree, di sini juga dicanangkan program conservation minute yang sengaja diprogramkan untuk para siswa/i dari tingkat TK hingga SMA untuk memperkenalkan pentingnya konservasi dan mengenalkan kepada para pelajar  apa yang boleh serta tidak boleh dilakukan dalam menjaga kelestarian paru-paru atau hutan yang dimiliki. 

Hal tersebut harus dilakukan karena mau tidak mau Harus diakui jika daerah ini merupakan salah satu daerah penyokong untuk daerah-daerah di bawah terutama untuk mata air kemudian menjaga keseimbangan ekosisteme, juga untuk mensejahterakan masyarakat setempat terutama dalam pengambilan hasil-hasil hutan kayu seperti rumput, sayur mayur, dan lain-lainnya," jelas Yusma.

Lebih lanjut Perempuan yang akrab disapa Yusma tersebut menjelaskan, Untuk pengelolaan, kawasan Joben Eco Park berada di bawah naungan TNGR, karena merupakan hutan konservasi. Namun kawasan ini sepenuhnya dikelola oleh masyarakat sekitar, baik dari kalangan pemuda dan senior senior yang ada di sini berkolaborasi untuk melakukan pengelolaan terhadap kawasan Joben Eco Park.

"Kami sebenarnya sekarang berada dalam masa pembenahan, bila beberapa bulan yang lalu berjalan sangat lancar atau bisa dikatakan berjalan sangat lancar namun akibat pandemi seperti saat ini membuat motivasi teman-teman pengelola di sini cukup terbengkalai terutama dalam menata kembali kawasan ini, "tuturnya.

Harapannya semoga masyarakat setempat semakin peka untuk ikut berkontribusi lebih serius lagi terhadap pengelolaan kawasan JEP ini. JEP ini butuh orang-orang yang memiliki kesadaran untuk benar-benar peduli, bukan hanya dilihat dari segi ekonomisnya saja tapi kepedulian untuk mengelola tempat ini dan apabila tempat ini sudah tertata dengan baik maka orang-orang di luar sana akan tertarik untuk datang berwisata dan belajar lebih banyak di sini akan pentingnya menjaga kelestarian hutan," tutupnya penuh harap.


(SS-AD)

0/Post a Comment/Comments

Previous Post Next Post

Adsense