Dianggap Tidak Memberikan Apapun Kepada Pemerintah NTB, KPK Minta Kejati Selidiki Pemanfaatan Lahan GTI.

Mataram, Suara Selaparang - Kontrak kerjasama antara Pemerintah Provinsi NTB dengan PT. Gili Trawangan Indah (GTI) yang sudah dilakukan sejak 1976 tidak memberikan dampak apapun kepada Pemerintah Provinsi NTB. Pasalnya, kewajiban dari PT. GTI seperti pembayaran pajak sebesar 22 juta tiap tahun dan pengelolaan lahan seluas 65 hektar tidak pernah dilaksanakan.

“Ini yang kami sarankan juga kepada Kejati (Asdatun) untuk dilakukan penyelidikan sebagai salah satu bahan kajian,” jelas ,Tim KPK. Aida Ratna Zulaiha kepada wartawan saat Monitoring dan Evaluasi Program Pencegahan Korupsi Terintegrasi dengan Pimpinan dan Anggota DPRD Provinsi NTB terkait Penyelamatan Aset dan Keuangan Daerah di Gedung DPRD Provinsi NTB yang di hadiri pejabat eselon II, III dan IV, Rabu (25/11/2020).

Menurut Aida, hal utama yang perlu dilakukan setelah adanya SKK dari gubernur kepada Kejati (Asdatun), melihat kontraknya dan mempelajarinya. Setelah itu dilakukan kajian-kajian dengan memperhatikan fakta lapangan.

Dari situ, jelas Aida, Kejati (Asdatun) baru memberikan rekomendasi langkah apa yang tepat bagi pemerintah propinsi NTB.

“Kalau rekomendasinya putus kontrak, itu berdasarkan kajian Kejati,” jelasnya.

Sedang posisi KPK sendiri menurut Aida dalam kasus GTI ini sebagai supervisi atas Kejati (Asdatun).

“Kami tidak lepas tangan. Kejati (Asdatun) selalu berkoordinasi dengan kami,” jelasnya.

Sebagai pertimbangan juga, jelas Aida DPRD NTB sudah merekomendasikan untuk putus kontrak dengan GTI.

“Ketua DPRD NTB sudah menyampaikan bahwa DPRD NTB merekomendasikan agar pemerintah propinsi NTB memutus kontrak PT GTI,” jelasnya.

Namun begitu, Aida berharap agar langkah yang ditempuh dilakukan step by step termasuk kemungkinan siapa yang menerima uang dari pengelolaan lahan GTI yang dimanfaatkan oleh masyarakat.

“Mereka Itu kan bayar. Nah kepada siapa mereka bayar terus kemana uangnya,” tanyanya.

0/Post a Comment/Comments

Lebih baru Lebih lama

Adsense

Promo