Ketum MOI Rudi Sembiring: MOI Tak Ada Kaitan Organisasi dengan IPJI dan PWOIN.

Jakarta, Suara Selaparang - Ketua Umum dan Sekaligus Ketua Dewan Pendiri Perkumpulan Media Online Indonesia (MOI), Rudi Sembiring Meliala kembali menegaskan MOI adalah organisasi perusahaan media online yang independen.

"Jadi MOI tidak memiliki kaitan apapun secara organisasi dengan Ikatan Penulis dan Jurnalis Indonesia (IPJI) maupun Persatuan Wartawan Online Independen Nusantara (PWOIN)," tegas Rudi Sembiring kepada media di Jakarta, Kamis (12/11/2020).

Pernyataan tegas Rudi Sembiring ini sekaligus meluruskan anggapan salah yang beredar selama ini, seolah-olah MOI punya kaitan bahkan perjanjian tertentu dengan IPJI maupun PWOIN.

"Maka dengan ini saya tegaskan. MOI tidak memiliki keterikatan perjanjian apapun dengan IPJI dan PWOIN," tandasnya.

Rudi Sembiring juga mengingatkan, jika ada pihak-pihak yang mengatakan bahwa MOI ada perjanjian, komitmen, dan kerja sama dengan IPJI maupun PWOIN, maka jelas itu pernyataan yang mengada-ngada.

Lebih salah lagi, kata Rudi, ada yang menyatakan bahwa para wartawan dari Perusahaan Media yang bergabung dalam MOI wajib menjadi angota PWOIN. Maka hal itu sangat tidak benar dan tidak mungkin.

Rudi juga menjelaskan, MOI tidak memiliki wartawan karena MOI adalah wadah bagi Perusahaan media. Sedangkan para wartawan dari setiap Perusahaan Media yang menjadi anggota MOI memiliki kebebasan untuk menjadi anggota organisasi Jurnalis atau wartawan manapun, sebagaimana diatur dalam UU Pers 40 Tahun 1999.

“Demi kebaikan bersama, maka saya tegaskan bahwa Perkumpulan Media Online Indonesia (MOI) bukan bagian dari IPJI dan PWOIN. Tidak ada keterikatan perjanjian apapun, baik lisan dan tulisan,” papar Rudi Sembiring

Kendati demikian, menurutnya, kini dan kemudian hari, jika dianggap perlu, MOI sangat terbuka untuk bekerja sama dengan ke dua lembaga tersebut dalam berbagai bentuk kerjasama untuk saling menguatkan.

Karena itu Rudi Sembiring tidak mau berpolemik. Melalui penjelasannya seluruh Pengurus dan Anggota MOI diharapkan dapat memahami secara jernih serta lebih fokus membangun organisasi MOI, tanpa dirasuki dengan berbagai pernyataan yang mengganggu untuk perkembangan MOI kedepan.

Secara terpisah, Sekjen DPP MOI, Drs. HM.Jusuf Rizal, SE, SH, M.Si mengatakan bahwa Ketum MOI beserta jajaran DPP terus Fokus melakukan konsolidasi untuk dapat memenuhi amanat Rakernas MOI, agar dapat segera menjadi Anggota Dewan Pers.

“Untuk itu bagi yang telah diberi tanggungjawab, maka segeralah membentuk kepengurusan di DPW maupun DPC MOI. Bagi yang NATO (No Action Talk Only) kita akan revitalisasi," ujar Jusuf Ruzal.

Pria berdarah Madura-Batak itu lantas menggubah pribahasa. "Jangan Buruk Rupa Cermin Dibelah. Sekarang era revolusi industri. Tak butuh banyak cakap,” tegas HM. Jusuf Rizal SE, SH, M.Si yang juga Presiden LSM LIRA (Lumbung Informasi Rakyat).


Red-SS

0/Post a Comment/Comments

Previous Post Next Post

Adsense