Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Lakukan Roadshow Khitanan Massal.

Mataram, Suara Selaparang - Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (NU-Care LAZISNU) Propinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) selama bulan November ini terus melakukan roadshow ke Kabupaten/Kota untuk menyelenggarakan khitanan massal 1.000 anak kurang mampu se-Pulau Lombok.

“Program telah kita mulai dari Lombok Barat pada 1 November 2020 lalu dan terakhir kemarin tanggal 15 November 2020 di Mataram” Kata Direktur Lazisnu NTB Saprudin, M. Si kepada media, Kamis, (19/11/2020).

Program khitanan massal ini kata Saprudin dilaksanakan setiap bulan Maulid setiap tahun untuk membantu masyarakat kurang mampu. Sebab tradisi khitanan ini telah mandarah daging bagi masyarakat Lombok.

“Kami melihat, banyak orang tua yang telat mengkhitan anaknya karena secara tradisi mereka harus “begawe” (tasyakuran) sementara biaya begawe tersebut tidak sedikit, maka kami NU Care – Lazisnu NTB memafasilitasi khitanan massal agar meringankan beban orang tua dalam pelaksanaannya” Jelasnya.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya tambah Saprudin, NU Care Lazisnu yang biasanya menggandeng Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) sebagai mitra, kali ini organisasi perawat ini tidak bisa ikut serta karena secara organisasi mereka tidak diperbolehkan untuk mengadakan kegiatan dimasa Covid-19.

Namun begitu, Lazisnu NTB tetap menyelenggarakan kegiatannya dengan menggandengn organsasi lokal di lokasi dimana kegiatan khitanan dilaksanakan.

“Karena PPNI terbentur Covid-19, kami akhirnya menggandengn tim medis lokal seperti Sintesa Medika Lombok, Nuswantara Care, Azmi Wound Care Center dan Bengkel Sunat Anak Lombok” Ungkapnya.

Untuk pembiayaan, selain menggunakan dana Zakat, Infaq dan Shadaqah yang berhasil dikumpulkan Lazisnu selama ini, juga pembiayaan berasal dari partner program seperti PDAM Giri Menang Mataram dan Bappenda NTB.

Setidaknya, ada 4 lokasi yang sudah disambangi NU Care Lazisnu dalam melaksanakan Khitanan Massal ini antara lain Dusun Gili Meno Desa Gili Indah Kec. Pemenang Kab. Lombok Utara, Desa Jerneng Kec. Labuapi Kab. Lombok Barat, Lingkungan Tegal Kelurahan Selagalas Kec. Sandubaya Mataram dan Lingkungan Presak Timur Kelurahan Pagutan Kec. Mataram.

“Dan alhamdulillah, karena kita berkegiatan di dalam masa Covid-19, kami tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat seperti menyediakan masker, handsanitizer dan jaga jarak.” Pungkas Sap.

Sementara itu, sejumlah masyarakat yang mendapatkan manfaat dari program ini mengucapkan terimakasih ke pengurus NU Care Lazisnu NTB.

“Kami sangat bersyukur karena warga kami dibantu untuk melaksanakan hajatan mereka ini, saya berharap program Lazisnu ini terus berlanjut dan terimakasih kepada para donatornya” Kata Masrun Kadus Gili Meno.

Hal senada disampaikan Kadus Jerneng Lombok Barat, Anwar Adam. Dikatakannya, program Khitanan massal di Dusunnya ini baru kali pertama diadakan.

“Biasanya masyarakat mengkhitan anak mereka di rumah masing-masing sehingga biayanya sangat mahal. Namun program ini, justru mengajak kita mengkhitan anak secara massal di masjid, sehingga nuansa kebersamaannya cukup terasa” Ungkapnya.

0/Post a Comment/Comments

Previous Post Next Post

Adsense