UTS Gelar GAS-IN Respek International Untuk 23 Mahasiswa Asing Dari 23 Negara.

Sumbawa, Suara Selaparang - Universitas Teknologi Sumbawa melaksanakan Global Ambassador Scholarship International Inauguration (GAS-IN) Kamis, (05/10/2020) kemarin. GAS-IN adalah bagian dari acara Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) atau Respek Internasional. Respek internasional ini diadakan untuk 23 orang mahasiswa asing dari 23 negara.

Mereka bergabung dengan UTS pada tahun akademik 2020/2021 pada program Sarjana dan Pascasarjana. Mereka telah melalui proses seleksi program  U-GAS (UTS-Global Ambassador Scholarship).  

Acara ini dilaksanakan secara daring dibuka dengan opening speech dari Gubernur NTB DR. Zulkieflimansyah, M. Sc dan pidato selamat datang dari Rektor UTS Chairul Hudaya, Ph. D.

Dalam sambutannya Rektor UTS menyampaikan selamat datang kepada para mahasiswa asing, “selamat telah terpilih dari dua ribu lebih pendaftar dalam program U-GAS sebelumnya. Selamat menjadi Elang Muda dan bagian dari keluarga besar UTS,” ujarnya. 

Rektor UTS juga menyampaikan harapannya agar nantinya, dua dan empat tahun mendatang para mahasiswa tersebut bisa lulus dengan ragam ilmu dan canggih berfikir.

Selain dengan keilmuan yang mereka ambil tentunya. Terciptanya interaksi lintas kebudayaan tentunya memberi dampak positif tidak hanya bagi Kampus, mahasiswa dan masyarakat tetapi juga daerah dan Indonesia pada umumnya.

Acara Respek Internasional ini juga diisi dengan kuliah umum yang diberikan oleh Prof. ir. Nizam, M.Sc, DIC, Ph.D selaku Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan Republik Indonesia.  Prof. Nizam menyampaikan kuliah dengan topik “Indonesia’s Higher Education in 21st Century; A Competitive Advantage”. 

Prof. Nizam juga menyampaikan materi tentang modal menjadi pembelajar di Abad 21. Prof. Nizam berpesan kepada mahasiswa asing untuk membanguan pertemanan yang akan dikenang sepanjang hayat selama mereka berkuliah di UTS.

Acara ini digawangi oleh Direktorat Kerjasama Internasional UTS yang juga memimpin pelaksanaan program UTS Global Ambassador Scholarship. Selain kuliah umum acara ini juga menampilkan kolaborasi alat musik Serune dari Sumbawa dan Daf dari Persia yang dimainkan oleh Muhammad Iqbal dan Shafi Nobakht (mahasiswa asal Iran).

Rangkaian acara ini masih akan berlanjut dengan sesi pengenalan sistem akademik di UTS yang akan diadakan minggu berikutnya dengan Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UTS, Abdul Hadi Ilman, MPP


SS-AD

0/Post a Comment/Comments

Previous Post Next Post

Adsense