2,10 Kwintal Sampah Diturunkan Dari Jalur Pendakian Rinjani.

Lombok Timur, Suara Selaparang - Kegiatan Clean Up yg dilakukan oleh APGI sejak tanggal 26 hingga 28 Desember berhasil menurunkan sampah seberat 2,10 kwintal dari jalur pendakian Rinjani. Senin (28/12/20).

Menurut Kuswandi harun alias Stuk, kordinator lapangan Clean Up Rinjani menyebut  jumlah sampah yg diturunkan belum sesuai target karena sampah-sampah pendakian masih banyak berserakan di tebing-tebing sekitar plawangan yg tidak bisa di evakuasi karena keterbatasan alat dan kondisi cuaca pada hari terakhir dimana hujan menyulitkan akses ke medan-medan terjal tersebut.

"Sampah masih banyak berserakan di tebing-tebing plawangan yang masih sulit dijangkau, oleh karena itu pada kegiatan berikutnya kita akan melibatkan semua KPA (kelompok pencinta alam) dan membawa alat yg memadai serta meminta pihak TNGR agar lebih ketat dalam menerapkan aturan masuk dalam kawasan" terang Bang Stuk.

Sementara itu ketua APGI Marzoan ilhamdi menambahkan bahwa Selain kegiatan clean up juga, APGI  melakukan edukasi kepada pendaki yang masih belum sadar akan kebersihan, pada kegiatan ini teamnya menemukan ada beberapa kelompok pendaki yg masih membuang dan meninggalkan sampahnya di Rinjani dan tidak mematuhi aturan yg sudah ditetapkan TNGR seperti masuk melaui jalur yg belum resmi dan tidak membeli tiket bahkan melebihi hari yg sudah di tetapkan.

Selain itu juga masih terdapat  banyak pendaki luar daerah yang datang dengan program open trip dalam jumlah besar yang di organize langsung oleh mereka sendiri. Tentu hal ini yg harus di perhatikan oleh pihak pengelola Rinjani karena secara tidak langsung akan berpengaruh terhadap para pemandu gunung di Rinjani bahkan hal ini dapat menggurangi jatah kuota dari TO (trekking Organizer) lokal mengingat kuota Rinjani saat ini sangat terbatas.

"Kami berharap semoga kedepannya Rinjani lebih bersih dan pendaki-pendaki lebih mentaati aturan-aturan yang berlaku" tutup pria yang akrab disapa Ming ini.


Red-SS

0/Post a Comment/Comments

Lebih baru Lebih lama

Adsense

Promo