Hadiri Event Rinjani Geopark Festival, Gubernur Launching Jalur Pendakian Tetebatu-Sangkareang.

Lombok Timur, Suara Selaparang - Hadiri Event Rinjani Geopark Festival 2020 Gubernur Nusa Tenggara Barat  Dr. H.Zulkieflimansyah, S.E., M.Sc. Launching Jalur Pendakian Tetebatu Sangkareang. Bertempat di Ulem-ulem Desa Tete Batu, Kecamatan Sikur. Minggu (13/12/2020).

Jalur Pendakian Tetebatu- Gunung Sangkareang adalah salah satu alternatif wisata gunung bagi para penikmat Alam Rinjani. Sejak lama Kawasan Pegunungan Lingkar Rinjani sebagai salah satu spot wisata populer yang sangat diminati wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara terkenal menyajikan keindahan alam yang tak ada habisnya.

Kini selain bisa menikmati kenindahan Rinjani dari puncak 3726 MDPL (Meter di atas permukaan laut), di bagian barat daya puncak Gunung Rinjani, juga terdapat puncak alternatif bagi para pendaki yang ingin menaiki Rinjani, masyarakat menamainya puncak Sangkareang, atau yang lazim disebut masyarakat desa Tetebatu Kecamatan Sikur, sebagai Gunung Sangkareang, berada di Ketinggian kurang lebih 3200 MDPL.

Gunung Sangkareang memiliki panorama yang boleh dikatakan lengkap, dari puncak Sangkareang kita bisa menikmati hampir seluruh lanskap pegunungan lingkar Rinjani, Puncak Gunung Rinjani, Danau segara Anak dengan Gunung Baru Jari bahkan bonus puncak gunung Agung Bali di Sebelah Barat.

Sejak Tahun 2017, jalur pendakian puncak sangkareang mulai dipopulerkan oleh para pegiat wisata dan pemandu wisata gunung beserta Pokdarwis dan komunitas pemuda di kawasan wisata Tete Batu.

Gubernur Nusa Tenggara Barat,yang akrab disapa masyarakat NTB dengan panggilan "Bang Zul" dalam sambutannya berharap bahwa Rinjani tidak dipandang sebagai benda mati. Rinjani adalah sesuatu yang hidup, bisa sakit, atau mungkin bisa mati. Rinjani perlu dirawat untuk tetap menjulang sebagai pilar kehidupan masyarakat Lombok pada khususnya. 

“Rinjani itu harus dianggap hidup, karenanya acara pelestariaan semacam ini perlu kita perjuangkan sebagai keseriusan mewariskan Rinjani untuk generasi kita, dan masyarakat Lombok keseluruhan” kata orang nomor satu di NTB itu.

Sebelum mengakhiri, Zulkieflimansyah juga mengingatkan bahwa NTB akan menjadi tuan rumah even-even berkelas mulai dari nasional dan internasional. 

“Kalau tidak ada aral melintang pada tanggal 17 Oktober tahun depan kita akan menjadi tuan rumah event internasional, MotoGP Mandalika. Tidak hanya itu, akan ada event seperti sepeda, renang dan berbagai acara lain. Panitia sudah menghubungi kami untuk mempersiapkan jalannya acara, baik yang berskala nasional ataupun internasional” tutupnya.

Ditempat yang sama Kepala Balai TNGR Dedi Asmiadi menjelaskan bahwa Gunung Rinjani Sebagai Episentrum kehidupan masyarakat Lombok sudah sepatutnya dijaga dan dirawat baik. Maka sangat tepat mengangkat kembali mengangkat citra Rinjani lewat Desa Tete Batu yang merupakan salah satu Desa wisata Tertua di pulau Lombok.

“Rangkaian acara Geopark Rinjani yang diinisiasikan oleh Pokdarwis, Taman wisata Rinjani, Pemerintahan Desa dan komunitas-komunitas yang ada, sudah tepat mengadakan Festival Geopark ditempat ini karena Tete Batu adalah tempat wisata tertua di Lombok. Apalagi Rinjani sudah dianggap sebagai sendi kehidupan oleh masyarakat Lombok, mulai dari pusaran air, budaya, dan kekayaan biodiversity. Artinya Mengangkat kembali Citra Rinjani bukan saja tentang menjaga kawasan itu, tetapi menjaga rinjani adalah memastikan kelestarian kawasan strategis wisata nasional” ungkapnya.

Dalam kesempatan itu juga dilakukan pembacaan dan penandatanganan Piagam Rinjani sebagai komitmen untuk terus bergerak bersama melakukan pelestarian dan Pemulihan Ekosistem Rinjani.

Kegiatan Rinjani Geopark Festival 2020, melibatkan berbagai komponen masyarakat, pemuda, mahasiswa, komunitas pecinta alam hingga seniman, fotografer dan budayawan. Menyemarakkan acara beberapa agenda kegiatanpun digelar antara lain Pameran fotography dan lukisan Alam Rinjani, Workshop Welness Tourism, Pengamatan Satwa Endemik Celepuk Rinjani, Pelatihan Kerajinan, Pelatihan Pengolahan Kopi, Sepeda Gunung Mountain Bike Trek, Konser Suara Alam Rinjani, Pelatihan Phonegraphy, Camping Ground, Lomba Mewarnai untuk anak-Anak dan berbagai kegiatan Lainnya.



Red-SS

0/Post a Comment/Comments

Lebih baru Lebih lama

Adsense

Promo