Meningkatkan Kesiapsiagaan Personil, Kodim 1606/Lobar Gelar Latihan Pemadaman Kebakaran.

Mataram, Suara Selaparang - Dalam Rangka Meningkatkan Kesiapsiagaan Anggota Personil, Kodim 1606/Lobar menggelar Kegiatan Latihan Pemadaman Kebakaran  bersama Damkar Kota Mataram di Lapangan Apel Makodim 1606/Lobar, Rabu, (02/12/2020)

Kegiatan yang dihadiri kurang lebih 60 orang tersebut juga dihadiri langsung oleh, Dandim 1606/Lobar, Kolonel Arm Gunawan S.sos. MT., Pasi Ops Kodim 1606/Lobar, Mayor inf Harus SH MH., Kabid Penyuluhan Damkar Kota Mataram Nanang Edward., Penyuluhan Damkar Kota Mataram, Sahlan., dan sekitar 50 Anggota Kodim 1606/Lobar.

Dalam sambutannya Dandim 1606/Lobar, Kolonel Arm Gunawan S.sos. MT., menghimbau agar personil TNI yang mengikuti kegiatan tersebut untuk memanfaatkan ilmunya dengan baik, lebih-lebih untuk para Babinsa yang kehidupannya melekat dengan masyarakat.

"Kami berharap personil TNI yang ikut kegiatan ini agar memanfaatkan ilmunya dengan baik guna mengayomi masyarakat lebih maksimal lagi dalam pencegahan kebakaran," Harapnya.

Selain itu, Kolonel Arm Gunawan juga mengucapkan terimakasih kepada pihak Damkar yang telah berkenan mengisi kegiatan yang dilakukan tersebut, ia berharap apa yang diberikan oleh pihak Damkar kepada personil TNI tersebut bisa menjadi Penyemangat lebih untuk menjalankan pengabdian di masyarakat.

Usai diberikan sambutan oleh Dandim 1606/Lobar, kegiatan tersebut dilanjutkan dengan kegiatan Penyuluhan Peroses Pemadaman oleh Sahlan, ia menerangkan jika Kebakaran itu terjadi karena kelalaian, baik dari segi kabel, penaruhan Cok rol yang mengakibatkan kebakaran kecil. Karena tidak mampu memadamkannya maka akan mengakibatkan api menjadi besar sehingga terjadi kebakaran.

"Biasanya kebakaran itu dari koseletnya harus listrik, itu bakan kesalahan dari pihak PLN karena petugas PLN sudah memasangkan kabel setandar SNI, dari kelainan kita yang menggunakan jenis kabel yang berbeda sehinga mengakibatkan koseleting arus listrik, " Terangnya

Lebih lanjut Sahlan nama akrabnya juga memperkenalkan alat yang bisa digunakan pemadaman api kecil. Dalam hal tersebut ia menyebutkan minimal harus mempersiapkan alat tabung pemadam di setiap kantor atau di rumah.

"Minimal kita harus mempersiapkan alat tabung pemadam di setiap kantor atau di rumah kita masing-masing untuk mencegah kebakaran," Jelasnya menghimbau

Usai dilakukan penyuluhan dan tata cara memadamkan api. Personil yang ikut dalam kegiatan tersebut langsung diarahkan untuk mencoba mempraktikkan setiap tata cara yang disampaikan oleh pihak pemadam kebakaran tersebut.

Tak hanya itu, dalam kegiatan tersebut Kabid Penyuluhan Damkar Kota Mataram, Nanang Edward juga menyampaikan jika Perktik yang dilakukan tersebut sangat penting dipergakan untuk mencegah terjadinya kebakaran yang besar.

"Praktik ini sangat perlu dilakukan, Terutama para Babinsa yang selalu kontak dan melekat dengan masyarakat. Sehingga apabila terjadi kebakaran besar langsung saja  menghubungi 119 Karena kita sudah kerjasama dengan pihak kepolisian dan rumah sakit, "tutupnya.


(SS-AD)

0/Post a Comment/Comments

Lebih baru Lebih lama

Adsense

Promo