Polda NTB Terjunkan 900 Personil Amankan Malam Tahun Baru.

Mataram, Suara Selaparang - Mengawali kegiatan patroli berskala besar di malam pergantian tahun 2020 menuju tahun 2021, Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Barat (Polda NTB) menggelar apel persiapan pengamanan (PAM) malam tahun baru di lapangan Gajah Mada Polda NTB , Mako Polda NTB, kota Mataram, Kamis (31/12) sekitar pukul 17.00 wita.

Sesuai maklumat Kapolri bahwa malam tahun baru masyarakat tidak di ijinkan menggelar acara yang dapat mengundang kerumunan massa, berdasarkan hasil rapat koordinasi pihak Polda NTB bersama Porkopimda sebagai upaya  mengamankan tahun baru dari kasus Curat Curas Curanmor (3C) dan menekan penyebaran Covid-19 di NTB agar tidak timbul claster baru Covid-19 di NTB.

"Patroli gabungan berskala besar yang di inisiasi dan di gelar pihak Polda NTB dengan melibatkani 900 personil gabungan dari TNI-Polri, Satpol-PP, BPBD, Damkar, Dishub, Dikes NTB dan RS Bhayangkara Polda NTB, dalam Oprasi lilin dan oprasi penebalan yang disebar ditempat tempat yang berpotensi mengundang keramaian seperti tempat wisata, hotel, cafe dan di taman tongkrongan pergantian tahun baru kali ini masih dalam masa pandemi Covid-19 sehingga pihak kepolisian Polda NTB menggelar patroli berskala besar," jelas Karo Ops Polda NTB Kombes Pol Imam Thobroni S.I.K M.H. (31/12)

Apel tersebut dipimpin langsung Karo Ops Polda NTB Kombes Pol Imam Thobroni S.I.K M.H diikuti oleh semua personil gabungan dari TNI sebanyak 407 personil  terdiri dari 30 personil dari korem 162/WB, Pol PP 30 personil, BPBD. 8 personil, tim kesehatan standby di puskesmas, Polri Satgas Aman Nusa 57 orang, Ops lilin 140 orang penebalan ke Polres Lobar dan Polresta Mataram 140 orang, Patroli gabungan ini akan menyasar tempat tempat yang mempunyai potensi kerumunan massa di seluruh wilayah Kota Mataram dan Lombok Barat.

Karo Ops menjelaskan kegiatan ini dilakukan juga di seluruh Polres Jajaran Polda NTB, dengan mekanisme dan penindakan yang sama, dikatakan bahwa masyarakat diperbolehkan berada diluar rumah maksimal pukul 21.00 wita selebihnya apabila petugas mendapati mereka tengah berkerumun di semua tempat yang ada, maka petugas patroli akan melakukan penindakan secara humanis dan memberikan berbagai himbauan. 

"Karena sudah di himbau sebelumnya  untuk tidak melakukan kegiatan di malam tahun baru setelah pukul 21.00 wita," jelasnya.

Penindakan yang akan di lakukan di lapangan dalam operasi ini antara lain, memberi himbaun secara humanis, memberikan sanksi kepada masyarakat yang tidak mematuhi protokol kesehatan seperti tidak menggunakan masker dan yang lainnya sesuai dengan perda no 7 tahun 2020. 

"Dengan berharap semua personil melaksanakan kegiatan dengan sebaik mungkin, guna mengamankan masyarakat NTB tidak tertular Covid-19," imbuhnya (31/12).

Tambah olehnya menghimbau kepada masyarakat yang berniat keluar rumah agar mengurungkan niatnya, sebab Covid-19 masih mewabah di NTB, buktinya angka pasien Covid-19 di NTB, warga NTB yang hendak kelauar merayakan tahun baru lebih baik di rumah, demi menjaga kesehatan dan terhindar dari penyebaran Covid-19. 

(SS-IBN)

0/Post a Comment/Comments

Lebih baru Lebih lama

Adsense

Promo