4 Destinasi Baru di Lombok Timur Akan Menjadi Salah Satu Penunjang Baru PAD.



Lombok Timur, Suaraselaparang - Dinas Pariwisata Kabupaten Lombok Timur pada tahun 2021 ini telah mengambil alih pengelolaan wisata di empat destinasi, yaitu pantai Labuhan Haji, pantai Suryawangi, pantai Kerakat, dan pantai Gili Lampu.

Dengan adanya empat destinasi wisata baru yang dikelola oleh Dispar Lotim itu, nantinya sebagai salah satu penunjang Pendapatan Asli Daerah (PAD). Karena masing-masing tempat wisata itu sudah ditentukan biaya masuk bagi pengunjung sebesar 5 ribu.

"Destinasi yang empat itu, mulai tahun 2021 ini kita mulai menerapkan peraturan daerah nomor 3 tahun 2013 tentang retribusi," kata Dr. Mugni, Kepala Dispar Lotim.

Tak menutup kemungkinan juga, menurutnya akan terjadi kenaikan tarif retribusi nantinya kalau terjadi perubahan Peraturan Daerah (Perda) ataupun Peraturan Bupati (Perbup).

"Perbup yang kami sedang usulkan, dia akan bertambah nanti. Ada yang 10 ribu, ada 12 ribu, ada 15 ribu. Tapi jenjang retribusi itu tergantung dari fasilitas yang sudah disiapkan oleh Pemda di tempat destinasi itu," ulasnya.

Ke empat destinasi wisata tersebut dilakukan retribusi, kata Mugni disebabkan karena adanya fasilitas umum yang dibangun oleh Dispar Lotim.

Dengan demikian, pembangunan fasilitas itulah yang sebetulnya dibayar oleh tiap pengunjung yang berdatangan.

Sistem pengelolaan di empat wisata itu sendiri, ia menyebut telah bekerjasama dengan pihak Desa atau Kelurahan setempat dan juga Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis). Dan ada juga yang dipihak ketigakan seperti destinasi pantai Kerakat.

"Di pantai Kerakat itu kami pihak ketigakan bersama dengan STIA Muhammadiyah," ucapnya.

Pada kesempatan itu, ia juga mengingatkan bahwa berwisata tidak setiap hari dilakukan oleh masyarakat. Namun itu merupakan rutinitas satu atau dua kali dalam setahun, untuk sekedar menyegarkan fikiran.

"Berwisata itu adalah kegiatan yang direncanakan, jadi paling satu atau dua kali dalam satu tahun orang berwisata," tandasnya. 
Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama

Iklan

Sponsor