Dengan Tiga Pilar, Desa Darmasari Gencarkan Strategi Sukseskan Lomba Kampung Sehat Jilid II.


 

Lombok timur, Suara Selaparaang-- Sebagai salah satu Desa yang mewakili dari kecamatan sikur, sebagai peserta Lomba kampung sehat jilid 2 yang merupakan program yqng di inisiasi oleh Kapolda NTB. Irjen .pol. Muhammad Iqbal .S.I.K. M.H.
Desa Darma sari Kecamatan sikur Kabupaten Lombok Timur, konsisten dalam mempersiapakan dirinya dalam ajang lomba tersebut Lantaran kegiatan tersebut sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kesadaran masyrakat agar selalu kedepankan 5M, sekaligus tetap pertahakan Desa Darmasari dari zona Hijau covid-19.

Kepala Desa Darmasari Muksin. S.pdi. mengatakan pada jurnalis Suara Selaparang.co.id pada Selasa 23/03/202 saat di konfirmasi mengatakan bahwa Dirinya senang serta antosias menyambut baik program dari Polda NTB tersebut , terlebih dengan di tunjuknya Desa Darmasari sebagai salah satu peserta dalam Lomba kampung sehat yang mewakili kecamatan sikur.

Lanjut dijelaskan Muksin .S.pd.i. selaku Kepala Desa Darmasari kecamatan Sikur, mengatakan dalam lomba Kampung sehat jilid 2 tersebut dianggap sebagai salah satu kegiatan yang bisa memberikan dan endukasi pendidikan terhadap warga masyarakat agar selalu perhatikan kesehatan diri dan lingkungan serta selalu megedepankan pertokol kesehatan dan 5M , dalam keseharianya dimasa pandemi covid-19 ." Ungkapnya (23/3)

Kades Darmasari Muksin S.Pd.i menambahkan bahwa sebagai danpak dari Covid-19 adalah menurunya nilai penjualan produksi masyrakat baik pertanian, perdagangan dan industri.

Dengan demikian pihak Desa Darmasari punya cara tersendiri dalam mengendalikan perekonomian desa, salah satunya melalui kegiatan pengembangan Bumdes yang bergerak pada pengadaan kebutuhan masyarakat dari hasil pertanian, peternakan, perikanan dan kerajinan. Ungkap Muksin (22/3)

Menyinggung tentang Covid 19 diharapkan implementasi dari kampung sehat jilid 2 dapat menjadi benteng perlawanan terhadap penyebaran Virus Covid19 yang sedang melanda. Dalam menciptakan kampung sehat dan bersih, Desa Darmasari mengkordinir pengumpulan sampah Untuk dipilah menjadi sampah organik dan non organik. Selanjutnya dimanfaatkan menjadi kompos." Terang Muksin ( 23/3).

Program unggulan masyarakat Desa Darmasari adalah di bidang peternakan Sehingga Desa Darmasari ditunjuk oleh Dinas peternakan untuk pilot project pengadaan penanaman pakan ternak sapi yang dikelola oleh Bumdes.

Bumdes Desa Darmasari sudah menyediakan pemberian modal terhadap pengusaha dan pedagan yang ada di desa darmasari , sehingga warga masyrakat tidak lagi di belengu dengan Koprasi harian ( Bank harian ) sebab Bumdes Darmasari memiliki omset sekitar 750 juta rupiah buat Warga Desa yang memerlukanya " beber Kades Muksin (23/3).

Dalam mendukung Kampung Sehat 2. Bentuk dukungan serius yang di lakukan oleh Desa Darmasari adalah dibentuknya Agen Pemulihan Narkoba karena terdeksi sekitar 22 orang warga akan dilakukan rehab (pegobatan) bekerja sama dengan BNN Provinsi NTB.

Dengan membuat Agen pemulihan, pembinaan solsialisasi dan pendekatan tentang bahaya narkoba serta di lakukan Pendekatan persuasif , hal ini sebagai upaya Antisipasi terutama terhadap pekerja migran yang baru pulang kampung." Terang Muksin.(23/3)

Di tempat terpisah Kapolsek Sikur AKP Erry Armunanto SH mengatakan pada jurnalis Suara selaparang.co.id. saat di temui pada selasa (23/3) mengatakan bahwa pihaknya bersama steckholder sangat mendukung penuh program Kapolda NTB ini
Dengan kembalinya diprogramkan lomba Kampung Sehat ini masyarakat termotifasi untuk melakukan perlawanan terhadap penyebaran Covid 19 karena sebelumnya lomba tersebut sukses menekan Penyebaran covid-19. Red
( SS ibn )
Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama

Iklan

Sponsor