Deteksi Dini Kebencanaan, Linmas Desa Se-Lotim Segera DiKukuhkan.



Lombok timur, Suara selaparang-- Berbagai upaya telah dilakukan Pemerintah Daerah Kabupaten Lombik timur bersama dengan Pemerinta Desa, dalam rangka memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat terutama dalam rangka menjaga kondusifitas kemanan. Seperti diketahui pemerintah disetiap desa sudah membentuk sebuah lembaga kemanan yang dikenal dengan Badan Keamanan Desa (BKD) yang nantinya akan berubah menjadi Linmas.

Nasarudin Abdul Latif selaku Kepala bidang Perlindungan Masyarakat pada Dinas Satuan Polisi Pamong Praja (Pol-PP) Lotim. Menyampaikan bahwa, keberadaan lembaga tersebut mengacu pada Permendagri no.84 tahun 2014, dan juga dituangkan dalam Perbup No.36 tentang Linmas Desa. Sementara itu untuk nama Linmas sendiri selama ini masih mengalamai distorsi ditengah masyarakat sehingga terjebak dalam anggapan umum bahwa fungsi linmas itu sama halnya dengan Hansip.

Nantinya keberadaan Linmas yang sudah dibentuk akan dibekali pengetahuan serta keterampilan dalam melaksanakn fungsi dan tugasnya.

"Tugas dan fungsi utama dari Linmas tersebut nantinya ialah diantara lain kebencanaan, Trantibum dan sosial kemasyarakatan. Bahkan nantinya disetiap Pos Linmas yang ada disetiap Desa akan dilengkapi dengan tempat tahanan" beber Nasarudin saat ditemui diruangannya Rabu (24/03)

Sambungnya bahwa sebelumnya, keberadaan Linmas tersebut juga sudah dilakukan sosialisasi disetiap Kecamatan sejak tahun 2019. Sehingga dirinya berharap Desa-desa yang belum mendaftarkan keberadaan Linmas agar segera melakukannya. Disebutnya bahwa sampai hari ini baru 95% dari 254 Desa dan Kelurahan yang telah terdaftar.

Sementara itu untuk keberadaan Linmas sendiri minimal berjumlah 10 orang Per Desa, dan nantinya anggaran untuk insentifnya disesuaikam dengan besaran Anggaran Dana Desa. "Untuk anggaran atau besaran Gaji Linmas ini diserahkan kepada Desa karena dianggarkan sesuai dengan besaran ADD di Desa masing-masing", paparnya.
Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama

Iklan

Sponsor