PUPR Lotim Salahkan Air Sebagai Faktor Kerusakan Jalan


Lombok Timur, Suaraselaparang - Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Lombok Timur menganggap, salah satu faktor utama kerusakan jalan di Lotim disebabkan karena air.


"Jalan kita banyak yang rusak hanya satu penyebabnya, berdasarkan pemantauan kami di lapangan adalah akibat air," kata H. Marhaban, Kepala Dinas PUPR Lombok Timur.


Sehingga kata dia, banyak dari beberapa jalan yang mengalami kerusakan di Lotim menjadi amblas. Dan juga menyebabkan drainase menjadi rusak.


Marhaban juga mengakui, kecilnya anggaran yang didapatkan oleh PUPR Lotim untuk memelihara jalan rusak tersebut menjadi salah satu tantangan.


"Anggaran yang dipersiapkan untuk pemeliharaan sekitar 3 Milyaran," sebutnya.


Semenjak diterapkannya jalan hotmix di Lotim pada tahun 2008 yang lalu, menurutnya tentu dengan jumlah anggaran yang sedemikian dirasanya sangat minim.


Oleh sebab itulah, pihaknya akan terus-menerus mengupayakan pemeliharaan jalan secara maksimal ke depannya walapun dengan anggaran yang kecil.


Sampai dengan saat ini, dikatakan olehnya PUPR Lotim hanya melakukan pemeliharaan pada perbaikan drainase saja. Belum sampai ke pemeliharaan jalan, hal itu disebabkan karena beberapa faktor.


"Tapi kalau yang aspalnya sampai saat ini belum kami mulai, akibat produk AMPnya yang belum, karena hujan kemarin," ucapnya.


Ia berharap minggu ketiga bulan maret 2021 ini, pihaknya bisa melakukan perbaikan jalan aspal untuk meminimalisir kerusakan yang lebih parah lagi.


Untuk diketahui, PUPR Lotim di tahun 2021 ini telah menyiapkan anggaran sebesar 50 Milyar untuk pembangunan jalan yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK). Dan ada sekitar ratusan juta juga yang bersumber dari dana pinjaman. 

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama

Iklan

Sponsor