Desa Denggen Timur Dapat Program Kotaku dari Kementerian PUPR


Lombok timur, Suara selaparang-- Sebagai Salah satu desa di Kecamatan Selong, Desa Denggen Timur disasar oleh Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk mendapat Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) tahun 202 guna menuntaskan pemukiman kumuh di wilayah perkotaan. Program ini secara resmi diluncurkan di lokasi sasaran kegiatan di Dusun Dasan Awas, Desa Denggen Timur, Selasa (20/04)


Program Kotaku di desa ini menyerap 70 pekerja dari warga setempat. Mereka siap menuntaskan pembangunan talud 61,8 M dan jalan beton sepanjang 1029,3 M. Dua kegiatan fisik menelan biaya 295 juta yang dianggarkan melalui program Kotaku. 


"Kita sangat terbantu dengan program ini. Warga bisa bekerja, ada tambahan penghasilan di tengah pandemi dan infrastruktur di desa kami bisa lebih baik," kata Kepala Desa Denggen Timur, M. Jamaludin. 


Karena masih dalam situasi pandemi, kata Jamal, proses pelaksanaan program ini di lapangan tetap menerapkan protokol kesehatan. Semua warga yang bekerja diharuskan menggunakan masker, disediakan fasilitas cuci tangan dan alat cek suhu tubuh untuk mencegah penyebaran Covid-19.


Dua pekerjaan fisik ini, lanjutnya ditarget rampung selama 60 hari kedepan, targetnya sampai tanggal 14 Juni 2021. "Kita terus pantau sehingga hasilnya bisa optimal dan manfaatkan segera dirasakan masyarakat," ucapnya. 


Sementara itu Camat Selong, Usman mengatakan wilayahnya terbanyak menjadi sasaran program Kotaku tahun ini, ada 7 Desa/Kelurahan termasuk Desa Denggen Timur. 


Dengan adanya program ini, kata dia, diharapkan titik-titik kawasan kumuh di wilayahnya terus berkurang. "Yang penting sekarang, masyarakat yang bekerja dan mereka yang memanfaatkannya nanti, hasilnya bisa lebih baik, kualitas pekerjaan harus menjadi perhatian," harapnya.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama

Iklan

Sponsor